Apakah Pasta Gigi Bisa Antisipasi Efek Gas Air Mata?

- Kamis, 8 Oktober 2020 | 12:38 WIB
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Aksi unjuk rasa, baik dari elemen buruh, mahasiswa, atau masyarakat umumnya bergelora di berbagai daerah. Tak sedikit di antara massa aksi yang menolak penetapan UU Omnibus Law Cipta Kerja tersebut kemudian ricuh dengan aparat keamanan.

Tembakan gas air mata dan water canon pun diluncurkan oleh petugas kepolisian guna menghalau massa. Penembakan gas air mata dianggap salah satu senjata efektif karena membuat orang yang menghirupnya merasakan sensasi perih di mata, gatal, bahkan sesak lantaran kandungan dari gas tersebut.

Biasanya demonstran sudah mempersiapkan diri dengan membawa odol atau pasta gigi untuk mengantisipasi efek gas air mata. Namun apakah odol atau pasta gigi benar-benar berpengaruh?

Jawabannya adalah tidak. Karena penggunaan odol sebenarnya tak bisa menghalau efek dari gas air mata. Bahkan, yang terjadi justru bisa sebaliknya. Mengolesi pasta gigi di area mata bisa menyebabkan efek samping, seperti iritasi bahkan kerusakan mata.

Menurut dr. Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia, seperti dikutip dari Halodoc, Kamis (8/10/2020) ternyata cara ini tidaklah tepat. Alasannya simpel, gas air mata bekerja ketika terhirup.

“Odol nggak ngaruh sebenarnya. Gas air mata bekerjanya karena terhirup, bukan kontak dengan mata. Efek gas air mata itu kan terhirup yang menyebabkan sekresi dari kelenjar air mata," jelasnya.

Apabila sudah terlanjur terkena gas air mata alih-alih mengoleskan odol lebih baik segera menjauh dari kerumunan, kemudian segera membilah wajah dengan air yang mengalir. Lakukan cara ini kira-kira selama 10 menit.

Andaikan gejalanya masih menetap atau bahkan semakin parah, segeralah diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Magang/Aufa Ahmad Fadil)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas

Sabtu, 4 September 2021 | 15:46 WIB

7 Motor Paling Populer di 2021

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:29 WIB

11 Sumber Vitamin C Alami yang Bagus Hadapi Pandemi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:47 WIB

6 Penyebab Rambut Ubanan Padahal Masih Muda

Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:58 WIB

Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? Ini Faktanya

Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:26 WIB

Dituduh Lecehkan Pembantu, Ivan Gunawan Buka Suara

Minggu, 8 Agustus 2021 | 13:16 WIB

Denny Darko Ramal Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Minggu, 8 Agustus 2021 | 09:54 WIB

Terpopuler

X