Cairan Bersin Bisa Terlontar Hingga 8 Meter

- Jumat, 3 April 2020 | 14:09 WIB
Ilustrasi. (Mohamed Hasa/pixabay)
Ilustrasi. (Mohamed Hasa/pixabay)

JAKARTA, AYOBOGOR. COM -- Penelitian terbaru menunjukkan bahwa batuk dan bersin dapat membuat percikan liur terlontar lebih jauh dari yang diperkirakan sebelumnya. Dari pengamatan menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan sensor lainnya terlihat bahwa sebaran droplet di udara dari orang batuk atau bersin tak cuma sebatas satu meter, sebelum akhirnya jatuh ke permukaan.

Penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge, AS, itu mengungkap bahwa pernapasan menghasilkan gumpalan gas kecil yang bergerak cepat yang dapat berisi percikan liur dengan berbagai ukuran. Percikan yang terkecil dapat terlontar dalam jarak yang lebih jauh dari perkiraan sebelumnya.

Penelitian yang dilakukan dalam laboratorium ini menemukan bahwa batuk dapat melontarkan cairan hingga enam meter jauhnya. Sementara itu, bersin yang melibatkan kecepatan lebih tinggi dapat membawa percikan liur terbang mencapai hingga delapan meter jauhnya.

Ilmuwan yang memimpin penelitian ini, Prof Lydia Bourouiba dari MIT, khawatir dengan konsep pengaturan jarak fisik yang disarankan WHO saat ini, yaitu satu meter. Sebab, menurut dia, partikel yang diembuskan lewat batuk atau bersin adalah gas yang memiliki momentum tinggi yang bisa terbawa melewati jarak jauh, termasuk di dalam ruangan.

"Pembatasan jarak antarorang sejauh satu hingga dua meter dengan anggapan droplet akan jatuh ke tanah pada jarak itu merupakan gagasan keselamatan yang keliru dan tidak sesuai dengan apa yang telah kami hitung, ukur, dan visualisasikan secara langsung," ujarnya.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X