Penjaga Gawang Persib I Made Wirawan Makin Tua Kian Tangguh

- Selasa, 17 Desember 2019 | 10:06 WIB
Kiper Persib Bandung I Made Wirawan.(ayobandung/Irfan Alfaritsi)
Kiper Persib Bandung I Made Wirawan.(ayobandung/Irfan Alfaritsi)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM --  Setelah lebih banyak menjadi cadangan musim lalu, kiper Persib Bandung, I Made Wirawan menemukan kembali performa terbaiknya di musim kompetisi 2019 ini. Di musim lalu, Made kalah bersaing dengan Deden Natshir yang menjadi pilihan utama pelatih Persib musim 2018, Mario Gomez.

Di musim 2018, kiper asal Bali itu memang hanya mencatatkan delapan kali penampilan dan hanya mampu mencatatkan satu kali clean sheet. Namun di awal musim 2019, Made kembali tampil menjadi kiper utama setelah Deden Natshir mengalami cedera parah patah tulang betis.

Usai mendapatkan kesempatan, Made kian bersemangat untuk menunjukkan tajinya. Dari 33 kali laga Persib di kompetisi musim ini, Made telah mencapai 30 penampilan. Tak tanggung-tanggung, Made berhasil mencatatkan 12 kali clean sheet dari 33 kali pertandingan di musim ini. Bahkan pemanpilan Made di musim ini menjadi salah satu penampilan kiper terbaik di Liga 1 2019.

Musim ini Made memang telah menginjak usia 38 tahun. Made juga mengakui, di usianya yang sudah tidak muda lagi, hal luar biasa bisa tetap stabil bermain di level tertingginya. Namun rupanya, seperti kebanyakan kiper lainnya. Made tampaknya memegang prinsip tua-tua keladi. Made pun mampu menunjukkan, bila usia hanyalah sekadar angka. Dia pun masih mampu tampil cekatan dengan segala pengalamannya.

AYO BACA : Gilas Badak Lampung 4-0, Persib Dekati Posisi Lima Besar

"Yang pasti senang bisa kembali main lagi, dan saya berterima kasih sama coach karena memberi saya kesempatan meskipun bisa dibilang banyak yang bicara masalah umur ya. Tapi coach masih percaya sama saya, dan ya mudah-mudahan saya selalu bisa menjaga kepercayaan yang diberikan sama coach. Pastinya dengan kepercayaan itu, senang buat saya," ungkap Made di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (17/12/2019).

Seorang kiper memang memiliki kebutuhan fisik berbeda dari para pemain di posisi lainnya. Biasanya kiper tidak perlu memiliki fisik sekuat para bek ataupun penyerang. Sang kiper hanya perlu mengasah refleks dan membaca permainan lawan dengan baik. Dua hal itulah yang menjadi kunci seorang kiper untuk bisa tetap tampil sukses bersama tim di usia yang sudah tidak muda lagi. 

Untungnya, Made mengaku mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk bisa terus tampil stabil selama kompetisi. Bahkan Made mengatakan, dirinya tak punya kunci rahasia khusus untuk menjaga performanya. Dia hanya fokus menjalankan program dari jajaran pelatih.

"Sebenernya sih gak ada rahasia, karena dengan datangnya coach banyak bawa program, coach sangat mengatur masalah makanan, istirahat juga kita dikasih tahu jadi mungkin lebih ke pola makan, pola latihan, sama istirahat kita aja sih," ujarnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas

Sabtu, 4 September 2021 | 15:46 WIB

7 Motor Paling Populer di 2021

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:29 WIB

11 Sumber Vitamin C Alami yang Bagus Hadapi Pandemi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:47 WIB

6 Penyebab Rambut Ubanan Padahal Masih Muda

Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:58 WIB

Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? Ini Faktanya

Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:26 WIB

Dituduh Lecehkan Pembantu, Ivan Gunawan Buka Suara

Minggu, 8 Agustus 2021 | 13:16 WIB

Denny Darko Ramal Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Minggu, 8 Agustus 2021 | 09:54 WIB

Terpopuler

X