Waspadai Kadar Gula Tinggi, Rentan Rusakkan Pembuluh Darah

- Senin, 16 Mei 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi mengecek kadar gula darah. (Pixabay/TessaPhotography)
Ilustrasi mengecek kadar gula darah. (Pixabay/TessaPhotography)

BOGOR, AYOBOGOR.COM-- Kadar gula darah tinggi sangat berbahaya karena menggerogoti pembuluh yang memasok saraf dengan nutrisi penting. Kondisi ini bisa sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, sehingga perlu diperhatikan gejalanya.

Lingkaran hitam di bawah mata, kulit kendur dan mata bengkak pun bisa menjadi tanda-tanda kadar gula darah tinggi akibat diabetes.

Saat diabetes dibiarkan tidak terkendali dan kadar gula darah menjadi tinggi secara kronis, perubahan mungkin terjadi pada kulit.

Baca Juga: Bupati Bogor Belum Disuntik Vaksin Gara-gara Tensi dan Gula Darah Tinggi

Melansir @himedikdotcom Senin (16/5/2022) salah satu ciri umum pada kulit penderita diabetes adalah kekeringan yang disebabkan oleh terlalu banyak gula yang menarik cairan dari sel.

Tubuh melakukan ini untuk menghasilkan cukup urine guna mengeluarkan gula dari tubuh. Karena volume air yang tinggi diperlukan untuk membersihkan tubuh dari kelebihan gula, ginjal akan bekerja terlalu keras dan lebih banyak darah yang dipompa ke seluruh tubuh.

Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan kulit kendur dan mata bengkak. Kulit kendur bisa dikaitkan dengan proses glikasi, yang melibatkan pengikatan gula ke elastin di kulit.

Proses ini merusak elastin, yang menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya serta membuat epidermis tampak tua dan kendur.

Baca Juga: Vaksinasi Adhyaksa Sehat Percepat Target Vaksin di Kota Bogor

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: himedik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X