Kemenkes Klaim Anak yang Terkena Hepatitis Sebagian Besar tak Vaksinasi

- Kamis, 5 Mei 2022 | 15:00 WIB
WaIlustrasi Hepatitis Misterius pada anak (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
WaIlustrasi Hepatitis Misterius pada anak (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Sekretaris Jenderal Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan vaksinasi Covid-19 bagi anak sudah terbukti memberikan perlindungan.

Pernyataan ini menanggapi keterkaitan kasus Hepatitis akut di berbagai negara dengan pemberian vaksin Covid-19 pada anak.

"Hipotesis efek samping pemberian vaksin Covid-19 tidak didukung data, karena sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi Covid-19," ujar Nadia melansir Republika Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: 13 Santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi Positif Hepatitis A

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), mayoritas anak yang menderita hepatitis akut tersebut berada di rentang usia di bawah lima tahun. Pada usia tersebut, anak-anak di banyak negara termasuk di Indonesia belum bisa mendapatan vaksin Covid-19.

Adapun, keterkaitan Hepatitis akut dengan vaksin Covid-19 lantaran adanya hipotesis yang menyatakan pada sebagian pasien hepatitis akut misterius ini ditemukan adenovirus 41. Adapun Adenovirus juga menjadi salah satu platform pengembangan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Hepatitis A Mewabah di Depok, PMI Gencarkan Edukasi Kesehatan

Adenovirus adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia dan diare. Saat ini, para ahli masih menyelidiki adenovirus yang diduga kuat menjadi penyebab Hepatitis akut misterius tersebut.

Sebagian ditemukan adanya adenovirus 41 pada kasus tersebut. Sebagian lainnya ditemukan SARS-CoV-2 dan dugaan lainnya dipicu berapa penyebab lain. Adenovirus tipe 41 ini belum pernah terkait dengan Hepatitis dan patogen umum ini biasanya dapat sembuh sendiri, tergantung kondisi kesehatan pasien.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PNM Berhasil Mencetak 2 Rekor MURI  

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB
X