Dukung Sikap Kang Emil, Ketua JPP Desak Arteria Dahlan Minta Maaf Secara Terbuka Kepada Masyarakat Sunda

- Kamis, 20 Januari 2022 | 21:43 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut menanggapi permintaan maaf Arteria Dahlan (Dok. Pemprov. Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut menanggapi permintaan maaf Arteria Dahlan (Dok. Pemprov. Jabar)

AYOBOGOR.COM - Sikap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mendorong agar anggota DPR RI Arteria Dahlan meminta maaf kepada masyarakat Sunda atas ucapannya yang dinilai melakukan rasisme, mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Ketua LSM Jaringan Advokasi Masyarakat Pakuan Padjajaran (JPP) Saleh Nurangga mendukung penuh langkah Ridwan Kamil yang menyesalkan sikap anggota DPR RI Arteria Dahlan, yang meminta Kajati memakai Bahasa Sunda saat rapat diganti.

“Setuju dengan statmen Gubernur Jabar. Karena, tidak sepantasnya beliau (Arteria Dahlan) melakukan itu. Kata-kata seperti itu, merupakan perbuatan arogan, kenapa terkadang bahasa daerah lain pun terlontar saat rapat tapi tidak dilakukan teguran. Misalnya, bahasa atau logat Medan atau Jawa. Saya heran juga kenapa Arteria Dahlan ini mengeluarkan perkataan seperti itu,” katanya, Kamis 20 Januari 2022.

Baca Juga: Disegel Satpol-PP Kota Bogor, Manajemen Kafe Zentrum Mengaku Salah dan Minta Maaf

Saleh menilai, apa yang sudah dilakukan Arteria Dahlan tersebut seakan menyudutkan warga Sunda. Saleh pun ingin agar Arteria Dahlan meminta maaf kepada masyarakat luas khususnya masyarakat suku Sunda.

“Perlu diingat, Indonesia ini beranekaragam bahasa dan mereka adalah wakil rakyat yang mewakili masing-masing daerah yang tentunya dengan berbagai bahasa. Jadi, tolong hargai perbedaan yang ada ini,” ujarnya.

Saleh juga menambahkan kekecewaannya dan meminta Ketua Umum PDIP, Megawati dengan tegas memecat Arteria dengan alasan perilaku dan ucapannya yang sering kali seenaknya.

Baca Juga: Penataan Bumi Ageung Batutulis, Upaya Pemkot Bogor Menghidupkan Nuansa Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran

"Kami menuntut Ketua Umum PDIP segera memecat yang bersangkutan. Ini juga menyangkut harga diri masyarakat Sunda, kami mendesak Arteria Dahlan segera meminta maaf secara terbuka," tegasnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X