Waspadai Kenaikan Omicron di Dunia, Menkes: Kita Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

- Senin, 3 Januari 2022 | 23:03 WIB
Menkes, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers usai mengikuti Ratas di Istana Presiden, Senin 3 Januari 2022. (ayobogor.com/Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menkes, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers usai mengikuti Ratas di Istana Presiden, Senin 3 Januari 2022. (ayobogor.com/Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA,AYOBOGOR.COM– Naiknya kasus Covid-19 varian Omicron di dunia saat ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Indonesia. Apalagi di Tanah Air telah ditemukan warga yang positif terpapar virus Corona varian terbaru itu.

Pemerintah pun telah melakukan sejumlah langkah antisipasi jika nantinya terjadi ledakan kasus positif Covid-19 gelombang ketiga di Tanah Air. 

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, salah satu yang disiapkan yakni ketersediaan tempat tidur rumah sakit di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Arus Balik Libur Tahun Baru, Kawasan Puncak Bogor Macet Panjang Hingga Cipanas Cianjur

"Jumlah tempat tidur di Indonesia ada sekitar 400 ribu, 30 persennya 120 ribu kita dedikasikan ke Covid, sekarang yang terisi sekitar 2.400-2.500-an. Jadi masih ada room lebih dari 110 ribu yang sebelumnya memang kita sudah dialokasikan untuk Covid," ujarnya dalam keterangannya usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 3 Januari 2022.

Ia memaparkan, berdasarkan pengalaman saat menangani lonjakan kasus akibat varian Delta, pemerintah juga menyiapkan kebutuhan oksigen medis. Menkes menuturkan, dalam situasi normal kebutuhan oksigen Indonesia mencapai 700 ton per hari dan saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 sebelumnya naik menjadi 2.200 ton per hari.

"Kita sesudah puncak Juli kemarin sudah mendatangkan 16 ribu oksigen konsentrator yang kita kirim ke seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia terutama yang akses oksigennya susah. Ini setara dengan 800 ton per hari," ungkap Menkes.

Baca Juga: Meski Berhenti Beroperasi, Dirut PDJT Pastikan Semua Pegawai Biskita Transpakuan Tetap Bekerja

"Kita juga sudah menerima dan sekarang sedang memasang, 70 persen sudah selesai, 31 oksigen generator. Ini oksigen yang besar yang bisa menyuplai satu rumah sakit dan juga bisa buat mengisi tabung, itu juga kita sudah siapkan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X