Pandemi Covid-19 Harus Jadi Ajang Evaluasi Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

- Senin, 13 Desember 2021 | 14:38 WIB
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat menjadi pembicara di ajang webinar, belum lama ini. (ayobogor.com/tangkapan layar)
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat menjadi pembicara di ajang webinar, belum lama ini. (ayobogor.com/tangkapan layar)

BOGORTENGAH,AYOBOGOR.COM - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono angkat suara soal penanganannya dan pelayan administrasi kesehatan di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia masih memiliki masalah kesehatan yang yang cukup rumit. Oleh karena itu, perlu adanya pilar transformasi kesehatan nasional yang fokus pada enam aspek utama. Yaitu layanan primer, layanan rujukan, ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, sdm kesehatan, dan teknologi kesehatan.

"Enam pilar ini dapat menjadi rujukan bagi para pemangku kepentingan dalam mengupayakan transformasi kesehatan nasional," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ayobogor.com, Senin 13 Desember 2021.

Baca Juga: Generasi Milenial Punya Andil Besar Dalam Percepatan PEN di Masa Pandemi

Selain fokus pada perbaikan enam unsur diatas, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ede Surya Darmawan memberikan empat rekomendasi yang dapat dilakukan oleh para pemangku kebijakan.

Rekomendasi Ede mencakup penanganan Covid-19, yang perlu dijadikan ujung tombak dan perisai dalam program kesehatan masyarakat esensial. Pandemi Covid-19 ini juga harus dijadikan sebagai bahan evaluasi, agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat di masa mendatang bisa lebih baik lagi.

"Transformasi harus difokuskan pada pemberdayaan masyarakat serta penguatan pelayanan kesehatan primer, transformasi perlu memenuhi sumber daya instrumen secara menyeluruh, serta transformasi puskesmas menuju Public Health 4.0," ujarnya.

Baca Juga: Tekan Mobilitas Masyarakat Saat Nataru, Lima Polres Bakal Dirikan 25 Posko Pemantauan

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Faqih mengungkapkan, Pandemi Covid-19 ini merupakan pembelajaran penting bagi sektor kesehatan Indonesia.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PNM Berhasil Mencetak 2 Rekor MURI  

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB
X