Gunung Semeru Erupsi Sore Hari, Petugas Masih Berupaya Mengevakuasi Warga

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:50 WIB
Erupsi Gunung Semeru (ayobogor.com/tangkapan layar video amatir warga)
Erupsi Gunung Semeru (ayobogor.com/tangkapan layar video amatir warga)

LUMAJANG,AYOBOGOR.COM– Erupsi Gunung Semeru yang terjadi Sabtu 4 Desember 2021 sore membuat warga di sekitar Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur panik. Pasalnya, erupsi yang membawa awan panas dan sejumlah material yang dimuntahkan dari gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Budi Santosa mengatakan, erupsi tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Sedangkan peningkatan aktivitas Gunung Semeru sendiri terjadi sejak pukul 15.00 WIB.

"Kejadian pada hari Sabtu 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.30 WIB. Peningkatan Aktivitas Gunung Semeru (info awal), pukul 15.00 WIB, terjadi peningkatan aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai awan panas guguran," kata Budi dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Varian Omicron Masuk ke Arab Saudi, Pemerintah Setempat Wajibkan Warga Dapatkan Vaksin Booster

Sampai saat ini personel BPBD setempat berupaya melakukan evakuasi terhadap warga yang tempat tinggalnya berada dekat dengan kawasan Gunung Semeru ke lokasi yang lebih aman.

“Agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk asesmen dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru. BPBD Kabupaten Lumajang Berkoordinasi dengan perangkat desa setempat,” ujarnya.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa di sekitar lokasi. Meski demikian, pihaknya masih melakukan pendataan di loaksi.

Baca Juga: Menilik Situs Tugu Lonceng: Peninggalan Sejarah yang Terlupakan dan Kondisinya Memprihatinkan

Budi mengimbau, agar masyarakat sekitar segera menjauh dari lokasi sekitar erupsi. Pun dengan pengendara motor atau mobil yang hendak melintas, terutama di sekitaran sungai.

"Dihimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," ujarnya.***

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Ayo Surabaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PNM Berhasil Mencetak 2 Rekor MURI  

Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB
X