BNPT Raih Opini WTP Tahun 2020 dari BPK

- Rabu, 30 Juni 2021 | 11:18 WIB
BNPT Raih Opini WTP Tahun 2020 dari BPK. (dok. BNPT)
BNPT Raih Opini WTP Tahun 2020 dari BPK. (dok. BNPT)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Opini WTP tersebut merupakan yang kedelapan kali diberikan kepada BNPT sejak tahun 2013. Adapun raihan itu diterima BNPT dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKKL di Jakarta, Selasa, 29 Juni 2021. 

Bagi BNPT, WTP merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat atas pengelolaan keuangan negara, sekaligus pembuktian keuangan negara telah dikelola secara profesional, prudent, transparan, dan akuntabel.

"BPK mengapresiasi tindak lanjut yang telah dilakukan dan berharap kementerian/lembaga dapat terus bekerja keras sehingga mempertahankan WTP di tahun depan," kata Pimpinan Keuangan Negara 1 BPK Hendra Susanto, dalam keterangan tertulis, Rabu, 30 Juni 2021.

Sementara itu, Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar mengungkapkan,  WTP yang diraih BNPT harus menjadi motivasi untuk selalu dan terus menjaga akuntabilitas kinerja dan keuangan dengan baik. 

"Di tengah situasi pandemi ini, telah dilakukan refocussing dan realokasi anggaran sebagai upaya mendukung Penanganan Covid-19. Terlepas adanya perubahan postur anggaran yang harus dialami BNPT, penting untuk menjaga akuntabilitas kinerja dan keuangan," kata Boy.

Selain BNPT, BPK memberikan Opini WTP atas 11 LLKL tahun 2020 yang berada di bawah wewenang pemeriksaan Auditorat Utama Keuangan Negara I (AKN I) yaitu Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Wantannas, Lemhannas, Bakamla, Komnas HAM, Badan Siber dan Sandi Negara, KPK, BNN, BMKG, Bawaslu, dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

X