Buntut Ricuh di GBK, Menpora Sampaikan Permintaan Maaf

- Jumat, 6 September 2019 | 13:46 WIB
Petugas pertandingan mengibarkan bendera Indonesia dan bendera Malaysia sebelum laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.)
Petugas pertandingan mengibarkan bendera Indonesia dan bendera Malaysia sebelum laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi mengirim surat resmi berisi permohonan maaf kepada Menteri Belia dan Sukan Malaysia HE Syed Saddiq Syed Abdul Rahman. Permohonan ini terkait kericuhan antaroknum suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Jumat (6/9).

Dalam surat yang salinannya juga diterima Republika.co.id, pihak Kemenpora RI mengakui adanya insiden tak terpuji yang terjadi di dalam stadion saat Indonesia menjamu Malaysia dalam laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (5/9) malam.

"Kami atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Malaysia atas ketidaknyamanan dan ketidaksengajaan ini. Bangsa kita adalah bangsa serumpun yang sudah seharusnya saling menghargai dan menguatkan satu sama lain," tulis Imam.

AYO BACA : Andritany: Oknum Suporter Coreng Nama Indonesia

Dalam surat itu, Imam menuliskan, permintaan dan pemberian maaf adalah jalan terbaik seperti pernah dilakukan oleh kedua negara pada saat insiden bendera Indonesia terbalik di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. "Semoga kejadian ini menjadi yang terakhir dalam persepakbolaan serta menjadi bahan introspeksi bagi semua pihak," lanjut Imam.

Menpora RI sebelumnya sudah bertemu dengan Menpora Malaysia Syed Saddiq untuk menyatakan permintaan maafnya atas insiden kericuhan yang terjadi saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK.

Imam berharap dengan pertemuan tersebut dapat mempersatukan kembali persahabatan di antara suporter Indonesia dan Malaysia. Selain menyampaikan secara tatap muka, Imam juga menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan surat permohonan maaf kepada Pemerintah Malaysia sebelum timnas Indonesia bertandang ke Malaysia pada November mendatang.

AYO BACA : Ricuh di GBK, Indonesia Terancam Dilaporkan ke FIFA

Dalam kesempatan tersebut, Iman juga menjamin pihaknya bersama dengan PSSI akan menindak tegas para pelaku kericuhan semalam. Dalam acara tersebut hadir juga Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas

Sabtu, 4 September 2021 | 15:46 WIB

7 Motor Paling Populer di 2021

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:29 WIB

11 Sumber Vitamin C Alami yang Bagus Hadapi Pandemi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:47 WIB

6 Penyebab Rambut Ubanan Padahal Masih Muda

Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:58 WIB

Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? Ini Faktanya

Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:26 WIB

Denny Darko Ramal Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Minggu, 8 Agustus 2021 | 09:54 WIB

Terpopuler

X