Jelang Mudik, Pemerintah Diminta Benahi Juga Jalur Arteri

- Senin, 13 Mei 2019 | 13:53 WIB
ilustrasi ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
ilustrasi ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.

JAKARTA, AYOBOGOR.COM--Pemerintah diharapkan tidak hanya memperhatikan kondisi ruas tol tetapi juga tidak mengabaikan kondisi ruas bukan tol yang akan banyak digunakan pula oleh para pemudik dalam periode Lebaran 2019.

"Pemerintah jangan lengah dengan kehadiran tol, akan tetapi juga harus memperhatikan jalur bukan tol," kata pengamat transportasi Universitas Soegijapranata, Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Djoko Setijowarno menekankan agar jalan bukan tol harus dirawat seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota.

Hal seperti kecukupan rambu, marka, penerangan jalan umum dan APILL harus diperhatikan, karena pemudik pasti juga akan menggunakan jalan bukan tol untuk tiba di tempat tujuannya.

Selain itu, ujar dia, kondisi ruas nontol juga penting agar pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak sampai mengalami kecelakaan karena jalannya masih banyak yang berlubang.

"Waktu istirahat juga harus diperhatikan dengan cermat oleh pemudik roda dua," kata Djoko.

Ia menambahkan bahwa jika malam hari merasa tidak nyaman menggunakan sepeda motor, sebaiknya beristirahat, karena rasa kantuk sekejap bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali menekankan bahwa isu keselamatan perlu mendapat perhatian lebih dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran 2019.

Menhub menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta dengan pengelola jalan tol, dalam rangka mengidentifikasi jalur-jalur rawan dan berbahaya agar dibuat rambu dan rencana teknis untuk penurunan kecepatan dalam berkendara.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Manajemen Umumkan Peserta Kartu Prakerja Gelombang 21

Kamis, 23 September 2021 | 13:43 WIB

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas

Sabtu, 4 September 2021 | 15:46 WIB

7 Motor Paling Populer di 2021

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:29 WIB

11 Sumber Vitamin C Alami yang Bagus Hadapi Pandemi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:47 WIB

6 Penyebab Rambut Ubanan Padahal Masih Muda

Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:58 WIB

Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? Ini Faktanya

Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:26 WIB

Denny Darko Ramal Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Minggu, 8 Agustus 2021 | 09:54 WIB

Terpopuler

X