Menhub: Pembangunan Infrastruktur Tranportasi Demi Konektivitas

- Sabtu, 25 Agustus 2018 | 16:14 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur Jabar M Iriawan dalam Dialog Nasional Indonesia Maju di Puri Begawan Bogor, Sabtu (25/8/2018). (Husnul/ayobogor)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur Jabar M Iriawan dalam Dialog Nasional Indonesia Maju di Puri Begawan Bogor, Sabtu (25/8/2018). (Husnul/ayobogor)

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM -- Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan infrastruktur transpotasi yang telah dilaksanakan dan direncanakan oleh pemerintah adalah upaya untuk membangun konektivitas antar wilayah di Indonesia.

"Amanah pak Jokowi kepada saya membangun konektivitas, menghubungkan infrastruktur keseluruh tanah air dan ini harus terus dilaksanakan karena insfratruktur tranportasi ini adalah suatu peradaban bagaimana NKRI disatukan untuk konektivitas" ujar Budi dalam dialog Nasional Indonesia Maju, Sabtu (25/8/2018).

Upaya untuk membangun konektivitas itu di bidang transportasi ditunjukkan dengan cara membangun jalan tol, jalur kereta api, dan membangun bandara baru yang kesemuanya saling terhubung.

Dia mencontohkan di Jawa Barat infrastruktur transportasi yang saling terhubung yang akan dibangun pemerintah adalah LRT Jakarta-Bogor. Kemudian dihubungkan dengan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi yang saat ini proyek pembangunannya telah dimulai.

"Setelah di Bogor, Sukabumi kita juga ingin Cianjur Bandung terus ke Jogja karena kita membangun koneksi. Dalam nawacita presiden salah satunya adalah konektivitas yaitu menggabungkan satu tempat ke tempat lain," kata Budi.

Pembangunan infrastruktur transportasi ini dikatakan Budi tidak hanya terfokus pada jalur darat tapi juga di jalur laut karena Indonesia sendiri adalah negara kepulauan sehingga untuk menciptakan konektivitas antar pulau dibutuhkan pula infrastruktur transportasi laut.

"Yang kita bangun infrastruktur yang menyatukan Indonesia kita bangun di Bogor di Bali Papua untuk menyatukan Indonesia oleh karenanya saya akan terus berkeliling memastikan apa yang telah dilakukan pemerintah berjalan dengan baik," kata Budi.

Budi mengatakan nantinya jika infrastruktur transportasi saling terhubung di seluruh wilayah maka setiap daerah akan mendapatkan banyak manfaat diantaranya adalah kemudahan dalam penyebaran barang dan logistik.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas

Sabtu, 4 September 2021 | 15:46 WIB

7 Motor Paling Populer di 2021

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:29 WIB

11 Sumber Vitamin C Alami yang Bagus Hadapi Pandemi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:47 WIB

6 Penyebab Rambut Ubanan Padahal Masih Muda

Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:58 WIB

Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan? Ini Faktanya

Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:26 WIB

Denny Darko Ramal Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Minggu, 8 Agustus 2021 | 09:54 WIB

Terpopuler

X