Kuliner Bogor, Cungkring: Olahan Kaki Sapi Disiram Saus Kacang

- Jumat, 13 Desember 2019 | 19:14 WIB
Cungkring. (Ayobandung.com/Husnul Khatimah)
Cungkring. (Ayobandung.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Jalan Suryakencana Kota Bogor sejak dulu dikenal sebagai kawasan kuliner. Di kawasan tersebut, banyak deretan makanan khas Bogor yang dapat ditemui salah satu di antaranya adalah cungkring.

Bagi sebagian orang yang tinggal di luar Bogor mungkin kuliner cungkring belum terlalu populer. Tapi jangan salah bagi warga Bogor kuliner ini menjadi santapan favorit yang cocok disajikan untuk sarapan atau santap makan siang.

Salah satu pedagang cungkring, Asep mengatakan kuliner cungkring ini hanya dapat ditemukan di Bogor sehingga siapapun yang berkunjung ke kota hujan akan rugi jika tidak mencicipinya.

AYO BACA : Berburu Kuliner Legendaris Kota Bogor di Kampus IPB

"Setahu saya cungkring ini hanya ada di Bogor karena memang masakan khas Bogor, hampir sama dengan soto kuning tapi bedanya ini pakai bumbu kacang dan lontong," ujar Asep, Jumat (13/12/2019).

Cungkring sambung Asep ada­lah makanan dengan komposisi kikil kaki sapi, lontong, kerupuk tempe goreng dan ditaburi saus bumbu kacang serta kecap. 

"Kikil kaki sapi itu direbus, dipotong-potong hingga kecil dicampur sama tempe, dan lontong. Sebenarnya namanya bukan cungkring tapi goreng cunggur, tapi sama orang dulu dikasih nama cungkring," ujar Asep.

AYO BACA : Cungkring Pak Jumat, Kuliner Legendaris yang Nyaris Punah

Salah seorang wisatawan asal Bandung, Adit Dwiguna (28) mengaku baru pertama kali mencoba cungkring namun dirinya lansung menyukai kuliner yang terasa gurih dan manis di lidah ini.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB
X