Mengenal Aqua Culture Lebih Dalam Melalui Aqua Fest IPB

- Sabtu, 19 Oktober 2019 | 17:16 WIB
Aqua Fest IPB
Aqua Fest IPB

 
BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menggelar Aqua Culture Festival (aquafest) 2019 di Botani Square pada 19 dan 20 Oktober.
 
Penyelenggaraan Aquafest pada tahun ini merupakan yang kesepuluh kalinya diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Aqua Culture (HIMAKUA) IPB. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan aqua culture kepada masyarakat secara lebih mendalam.
 
Ketua Panitia Aquafest 2019, Adam Albana mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengenal aqua culture secara lebih dalam padahal bidang ini sangat potensial untuk membuka peluang bisnis di bidang perikanan maupun kelautan.
 
"Ini agenda tahunan kita, tujuan aquafest itu mengenalkan aqua culture ke masyarakat umum. Selama ini masyarakat mengenalnya cuma budidaya lele, cupang namun sebenarnya masih banyak lagi seperti aquascape, ikan konsumsi dan lainnya," ujar Adam disela-sela acara.
 
Untuk mengenal aqua culture lebih mendalam itu Aquafest menyajikan ragam kegiatan seperti seminar udang, talkshow, pameran ikan hias, exhibition, quick setting aquascape, lomba mewarnai dan menggambar untuk buah hati, tebar benih dan sejumlah kegiatan lainnya.
 
"Ini acaranya free dan Alhamdulillah untuk tahun ini antusiasnya luar biasa banyak peserta yang ikut mendaftar dan bahkan melebihi kuota yang kita tentukan," kata Adam.
 
Sementara itu Dekan FPIK IPB University, Lucky mengatakan pihaknya berharap Aquafest 2019 ini dapat mengundang ketertarikan generasi muda untuk ikut terlibat dalam aqua culture.
 
"Harapan saya dengan acara ini aqua culture lebih dikenal generasi z, milenial dan bagaimana aqua culture ini mampu menarik ketertarikan generasi muda untuk mendalami aqua culture, belajar aqua culture dan kemudian terlibat di aqua culture," kata Lucky.
 
Dia mengatakan menarik generasi muda untuk ikut terlibat dalam aqua culture penting agar bisa menghasilkan banyak SDM yang handal di bidang ini.
 
"Perikanan dan kelautan kita tidak akan pernah mati, Indonesia negara kelautan terbesar, airnya lebih banyak daripada daratnya, ini harus dimamfaatkan, caranya bagaimana, caranya menghadirkan SDM yang handal di bidang ini, SDM itu ya anak-anak muda ini," kata Lucky.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB
X