Unik, Pelukis di Bogor Jadikan Daun Kering sebagai Media Lukisan

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 15:03 WIB
Tedy dan sejumlah lukisan karyanya di atas media daun kering. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)
Tedy dan sejumlah lukisan karyanya di atas media daun kering. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TIMUR, AYOBOGOR.COM -- Melukis ternyata tidak hanya harus di atas kertas ataupun kanvas. Daun kering pun bisa dijadikan sebagai media lukis seperti yang dilakukan oleh Tedy Asmara (37).

Pelukis asal Bogor itu sudah melakoni lukinan di atas daun kering sejak 3 tahun belakangan. Sejak Januari 2019, melukis di atas daun kering ini bahkan dijadikan oleh Tedy sebagai sumber utama untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Menurut Tedy, teknik melukis di atas daun kering pada intinya sama dengan melukis pada media lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada kesabaran melukin, karena daun kering merupakan media yang licin untuk dilukis.

AYO BACA : Ibu Kota Jawa Barat Bandung Rencana Dipindahkan

"Tekniknya sama saja cuma memang permukaannya lebih licin dibanding kanvas jadi butuh kesabaran karena tidak bisa sekali gores langsung jadi, harus berulang-ulang sehingga butuh waktu yang lama," ujar Tedy ditemui di kediamannya di Jalan Wirakrama, Bogor Timur, Kamis (29/8/2019).

Pertama kali Tedy melukis di atas daun terjadi, saat dia ingin memberikan lukisan untuk atasan tempat dia bekerja sebagai kado perkawinan. Namun saat itu, Tedy tak memiliki kanvas ataupun kertas untuk dilukis.

"Waktu itu gak ada kanvas kertas, nah, kebetulan di rumahnya bos itu ada pohon jambu bold yang daun keringnya banyak berserakan dan saya lihat kok bagus lalu saya coba lukis wajah dia dan istrinya dan saya kasihkan sebagai kado," kata Tedy.

AYO BACA : Berhasilkah Persib Tutup Putaran Pertama dengan Kemenangan?

Hasil lukisan yang diberikan Tedy itu ternyata mendapat respon positif dari atasannya. Sang bos bahkan membayar hasil karya Tedy yang dia nilai unik itu. Berkat respon positif atasannya itu Tedy kemudian terdorong untuk menekuni lebih lanjut melukis di atas daun.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB
X