Gula Cair Kulit Singkong bakal Dikembangkan sebagai Oleh-oleh Bogor

- Senin, 5 Maret 2018 | 20:00 WIB
Ilustrasi. (vebma.com)
Ilustrasi. (vebma.com)

BOGOR TIMUR, AYOBOGOR.COM -- Kota Bogor sebagai kota destinasi favorit wisata kuliner punya banyak pilihan sajian unik dan khas. Sebut saja talas Bogor, toge goreng, doclang, dan makanan khas Bogor lainnya.

Di antara beragam kuliner khas Bogor itu ada beberapa yang belum dikenal secara luas oleh masyarakat karena merupakan sebuah inovasi baru seperti gula cair kulit singkong.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengatakan, sesuai namanya, gula cair kulit singkong adalah gula cair yang terbuat dari kulit singkong. "Biasanya itu adalah limbah sekarang bisa dimanfaatkan jadi gula cair," ujar Shahlan saat ditemui di kantornya, Senin (5/3/2018).

Kuliner gula cair kulit singkong merupakan inovasi dari seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Mahasiswa tersebut menciptakan gula cair kulit singkong melalui penelitian skripsi yang dikerjakannya.

"Kita juga baru tahu ternyata ada mahasiswa teknologi pangan yang mampu mengembangkan itu dan ini (kuliner) baru," ujar Shahlan.

Dia mengatakan, gula cair singkong lebih manis daripada gula cair lainnya. Kendati lebih manis, tapi gula ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu.

Menyadari akan potensi yang dimiliki oleh gula cair singkong itu, Disbudpar Kota Bogor berencana untuk mengembangkan kuliner tersebut yang nantinya akan dapat menjadi oleh-oleh khas kota hujan.

"Kita sudah lihat dan akan dikembangkan ke depannya. Saya udah ngobrol dengan fakultas ekonomi syariah (IPB), ke depannya kita kembangkan gula cair dari kulit singkong ini," kata Sahlan.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB

Terpopuler

X