Tahun 2020, Kebun Raya Bogor Ditargetkan Jadi Warisan Dunia

- Senin, 22 Januari 2018 | 19:12 WIB
Ilustrasi -- Istana Presiden di dalam area Kebun Raya Bogor. (AyoMediaNetwork/Hengky Sulaksono)
Ilustrasi -- Istana Presiden di dalam area Kebun Raya Bogor. (AyoMediaNetwork/Hengky Sulaksono)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia alias LIPI menargetkan tahun 2020 Kebun Raya Bogor (KRB) diangkat menjadi warisan dunia United Nations Educational Scientific an Cultural Organization (UNESCO).

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengatakan, pada akhir Januari ini pihaknya berencana akan melayangkan berkas-berkas persyaratan pengusulan KRB untuk diangkat menjadi warisan dunia kepada UNESCO.

"Jika sudah diusulkan maka UNESCO akan mengecek semua dokumen, jadi harus mengendap setahun dulu sebelum masuk nominasi. Ditargetkan tahun 2020 dapat terwujud,” ujar Enny dalam acara Focus Group Discussion Pengusulan Kebun Raya Bogor menjadi Warisan Dunia di Gedung Konservasi, Bogor, Senin (22/01/2018).

Enny mengatakan, kebun yang berada di jantung Kota Bogor ini perlu menjadi warisan dunia lantaran memiliki nilai sejarah dan keindahan alam nan cantik. Jika nantinya KRB telah menjadi warisan dunia, otomatis status itu seyogianya bisa menyelamatkan kebun ini dari segala ancaman yang mungkin saja datang.

"Apalagi Kebun Raya Bogor lebih banyak yang dapat ditawarkan dibandingkan SBG (Kebun Raya di Singapura yang telah menjadi warisan dunia). Kemudian juga memiliki nilai jual dalam hal promosi dan kerja sama serta pendapatan sebagai ecotourism,” ucap Enny.

Jika kelak Kebun Raya Bogor resmi berstatus warisan dunia, Enny percaya status tersebut akan menambah daya tarik para wisatawan, baik lokal maupun internasional untuk berkunjung. Kemudian, nantinya bukan hanya Kebun Raya Bogor yang akan berkembang tapi sektor lain pun juga diyakini akan mengalami hal yang serupa.

“Jadi Kebun Raya Bogor harus dijadikan public sphere (ruang publik) atau bagaimana orang berbondong-bondong datang ke Kebun Raya untuk kegiatan-kegiatan tertentu,” pungkas Enny.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB

Terpopuler

X