Pemkot Bogor Dukung Kebun Raya Jadi Warisan Dunia

- Senin, 22 Januari 2018 | 18:16 WIB
Ilustrasi Kebun Raya Bogor. (tempatwisatamu.com)
Ilustrasi Kebun Raya Bogor. (tempatwisatamu.com)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kota Bogor mendukung rencana pengusulan Kebun Raya Bogor (KRB) menjadi World Heritage United Nations Educational Scientific an Cultural Organization alias Warisan Dunia UNESCO.

“Kita pasti 100% mendukung karena sejalan dengan visi Kota Bogor ke depan. Tinggal bagaimana kebutuhannya, Pemkot Bogor harus seperti apa. Kalau dilihat dari dokumen perencanaan kita kan sudah nyambung semua,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya usai menghadiri acara Focus Group Discussion Pengusulan Kebun Raya Bogor menjadi Warisan Dunia di Gedung Konservasi KRB, Senin (22/01/2018).

Bima bercerita ketika bertemu dengan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjabat dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini, dikatakan bahwa Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor adalah surganya dunia dan aset luar biasa yang harus dikembangkan.

Namun, kata Bima, ada beberapa tantangan dalam mengembangkan KRB. Tantangan terbesar adalah pertama harus memiliki perspektif yang kokoh serta solid mengenai keseimbangan antara konservasi, preservasi dan aspek wisata.

“Kalau belum selesai di situ belum bisa kemana-mana. Jadi harus solid dan jelas sejauh mana komitmennya,” imbuh Bima.

Kedua, menurut Bima adalah harus selaras antara penataan, pengembangan Kebun Raya dengan Kota Bogor. Gagasan ke depan harus menjadikan sudut di Kota Bogor menjadi kota yang hijau dan menjadikan tempat untuk riset.

"Jadi sebelum mengajukan sebagai warisan budaya harus selesai dengan semua itu,” kata Bima. 

Untuk diketahui, wacana untuk menjadikan KRB sebagai warisan dunia sudah muncul sejak November silam. Pengajuan cagar budaya UNESCO ini dimaksudkan agar KRB bisa sejajar dengan tiga taman botani elit yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Ketiga taman tersebut ialah Orto Botanico di Italia, Kew Botanical Garden, dan Singapore Botanic Garden.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB

Terpopuler

X