Waduh, Pabrik Kopi Liong Bulan Tutup?

- Minggu, 19 November 2017 | 20:02 WIB
Pengumuman Toko Kopi Liong Bulan di Pasar Anyar (Facebook Awang Satyana).
Pengumuman Toko Kopi Liong Bulan di Pasar Anyar (Facebook Awang Satyana).

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Informasi soal tutupnya pabrik Kopi Liong Bulan bergulir bak bola liar yang bergerak ke segala arah. Kabar tutupnya pabrik merk kopi legendaris di Bogor ini beredar setelah salah satu toko induk distributor yang berada di Pasar Anyar, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tidak beroperasi alias tutup.

Toko tersebut dikabarkan tutup sejak 8 November lalu. Penutupan dilakukan lantaran sang pemilik toko sakit. Penutupan toko dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan.

Kabar tutupnya toko di Pasar Anyar ini mendapat respons dari publik. Sebagian di antara mereka menafsirkan jika Liong Bulan tak lagi diproduksi. Sebagian lainnya berpendapat jika Liong Bulan masih bisa dinikmati dalam jangka waktu lama lantaran yang ditutup bukanlah pabrik produksi, melainkan toko.

Kopi Liong Bulan diketahui telah beredar sejak tahun 1995. Salah satu Pegiat Komunitas Bogor Heritage, Rachmat Iskandar mengatakan jika toko yang ditutup ialah salah satu agen penjualan Kopi Liong di Bogor.

"Yang tutup sementara adalah agennya di Pasar Anyar, pabriknya masih produksi. Di Pasar Anyar itu hanya penjualan dan penggilingan kopi," kata Rachmat saat dikonfirmasi, Minggu (19/11/2017).

Keberadaan dan pemilik pabrik Kopi Liong hingga saat ini terbilang masih misterius. Berbagai informasi yang dihimpun juga memberikan keterangan yang berbeda-beda soal letak pabrik Kopi Liong Bulan. Informasi tang berkembang menyatakan jika pabrik kopi liong berada di Jalan M.A Salmun (Toko Bangkok Baru), Kedunghalang, atau Nanggewer.

Wali Kota Bogor, Bima Arya juga menyebut telah mendengar kabar tersebut. Namun ia mengaku belum bisa memastikan kebenaran kabar yang menyebutkan jika pabrik kopi ini tak lagi berproduksi.

"Saya cek katanya enggak (tutup). Saya masih simpang siur infonya. Saya cek katanya itu salah satu counter-nya saja. Bukan (pabrik) kopi liong-nya. Tapi salah satu agennya," kata dia

Editor: Asep DM

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB

Terpopuler

X