Bunga Bangkai Kebun Raya Bogor Mekar Sempurna

- Minggu, 5 November 2017 | 14:39 WIB
Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Bogor.(Facebook LIPI)
Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Bogor.(Facebook LIPI)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Bunga bangkai raksasa jenis Amorphophallus titanum yang merupakan koleksi Kebun Raya Bogor dikabarkan telah mekar sempurna. Kuncup bunga yang sebelumnya tertutup telah terbuka.

Kepala Sub Bagian Kerja Sama dan Informasi Pusat Konservasi Tanaman Kebun Raya Bogor, Rosniati Apriani Risna mengatakan bunga yang ditanam di Taman Aracea tersebut mengalami fase mekar sempurna sejak Sabtu (4/11/2017).

"(Sudah) mekar sempurna kemarin," kata Risna saat dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp, Minggu (5/11/2017) siang. Lantaran sudah mekar, wisatawan bisa menyaksikan mekarnya jenis bunga bangkai terbesar di dunia ini.

Walau demikian, bunga bangkai yang merupakan endemik Sumatra ini sudah memasuki fase layu. Padahal, fase mekar bunga bangkai ini belum mencapai 24 jam. "Hari ini sudah mulai layu," katanya.

Diperkirakan bunga bangkai jenis Amorphophallus titanum ini bakal bertahan hingga tiga atau empat hari selepas mekar. Karena itu para wisatawan yang hendak menyaksikan kondisi bunga bangkai ini harus bergegas.

"Kalau cuacanya mendukung, sih, biasanya bisa tahan tiga sampai empat hari sebelum benar-benar layu. Tapi yang satu ini memasuki fase layunya lebih cepat. Belum 24 jam mekar maksimal, sudah layu tongkolnya," kata dia.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Catat 6 Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Malaysia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:46 WIB

Bogor Borong 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Senin, 28 Oktober 2019 | 09:29 WIB

5 Surga Tersembunyi di Bogor, Patut Dikunjungi

Senin, 23 September 2019 | 17:45 WIB

Saung Jurasep 3, Sajikan Menu Tradisional Berbeda

Kamis, 12 September 2019 | 12:50 WIB

Terpopuler

X