Dapat Cuan Beternak Ikan Cupang? Begini Caranya

- Senin, 19 Oktober 2020 | 11:11 WIB
(Ikan Cupang/Ayobandung)
(Ikan Cupang/Ayobandung)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Di masa pandemi Covid-19 ini, tidak ada salahnya kita mencoba memulai bisnis sampingan yang menguntungkan. Salah satu contohnya adalah bisnis beternak ikan cupang. Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan hias maupun ikan aduan yang sudah populer sejak lama. Beberapa keistimewaan yang dimilikinya membuat ikan yang satu ini banyak diminati oleh para penggemar akuatik. 

Keistimewaan ikan cupang yang paling terlihat jelas adalah bentuk dan warnanya yang menawan. Selain itu, ternyata ada keistimewaan lain dari ikan cupang yang belum banyak diketahui masyarakat pada umumnya. Para penggemar ikan cupang membagi ikan ini ke dalam tiga golongan, yaitu Ikan Cupang hias, Ikan Cupang aduan, dan Ikan Cupang liar. Sementara itu, ikan cupang hias dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu Halfmoon, Crowntail, Double Tail, Plakat Halfmoon, dan Giant.

Nah, untuk memulai bisnis beternak ikan cupang ada sejumlah hal yang mesti kamu perhatikan. 

1. Pilih Indukan Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki beragam jenis, sebelum melakukan pembiakan kamu harus tahu bahwa indukan jantan dan betina sudah masuk kedalam fase matang atau siap untuk dikawinkan. Indukan ikan cupang jantan bisa mulai di budidayakan pada usia 4-8 bulan, sedangkan betina 3-4 bulan.

2. Siapkan tempat pemijahan dengan air yang bersih

Gunakan air sungai yang jernih untuk pemijahan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina. Biarkan air dalam tempat tersebut selama satu malam sebelum memindahkan ikan. 

3. Tanaman air untuk tempat berlindung anak ikan

Masukkan tanaman air kedalam tempat pemijahan untuk para anak ikan berlindung.

Halaman:

Editor: Arditya Pramono

Tags

Terkini

Performa dan Rencana Strategi bank bjb syariah 2021

Senin, 6 September 2021 | 15:57 WIB

bank bjb Wujudkan Hunian Hijau Lewat bjb KPR Green

Kamis, 26 Agustus 2021 | 14:30 WIB

Terpopuler

X