Patung Kapten Muslihat Dipindah Akibat Pembangunan Alun-alun Kota Bogor

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:23 WIB
Patung Kapten Muslihat Dipindah Akibat Pembangunan Alun-alun Kota Bogor/ Istimew
Patung Kapten Muslihat Dipindah Akibat Pembangunan Alun-alun Kota Bogor/ Istimew

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR - Pembangunan Alun-alun Kota Bogor di atas lahan ex Taman Topi, hingga kini baru mencapai 10 persen dari target pengerjaan yang mesti selesai pada akhir tahun 2021 ini.

Namun siapa sangka. Di balik pembangunan alun-alun yang menelan anggaran Rp13,6 miliar tersebut, mesti mengorbankan salah satu icon pahlawan kemerdekaan Kota Bogor. Yakni, patung Kapten Tubagus Muslihat, atau Kapten Muslihat.

Sebelum pembangunan dilangsungkan, semula patung Kapten Muslihat berdiri kokoh di pintu utama ex Taman Topi. Lantaran rencana Pemkot Bogor untuk melakukan pembangunan alun-alun Kota Bogor, patung Kapten Muslihat pun harus dipindahkan.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Juniarti Estiningsih mengatakan, mulanya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana untuk merelokasi patung bersejarah tersebut ke Museum Perjuangan Bogor. Namun belakangan ini keputusan tersebut urung dilakukan. 

Rencananya, Patung Kapten Muslihat tersebut bakal dibuat baru dan ditempatkan di Simpang Jembatan Merah Kota Bogor setelah mendapatkan persetujuan dari ahli waris.

"Patung Kapten Muslihat tetap ada. Karena patungnya saat ini terbuat dari bahan yang kurang bagus, makannya kami berniat akan buatkan patung Kapten Muslihat yang lebih bagus lagi. Jadi patungnya tetap ada tidak hilang," katanya, Kamis 11 Agustus 2021.

Pembuatan patung baru Kapten Muslihat dan pemindahan lokasi patung secara umum sudah melalui pembahasan antara Pemkot Bogor dengan budayawan. Bahkan pihak keluarga sebagai ahli waris juga dilibatkan dalam pembahasan tersebut.

"Kami sudah rapatkan dengan budayawan dan ahli waris. Hasilnya ahli waris setuju dibuatkan patung Kapten Muslihat yang baru dengan material yang lebih bagus, dan akan ditempatkan di Simpang Jembatan Merah Kota Bogor," ujarnya.

Sementara untuk patung Kapten Muslihat yang saat ini, rencananya eksisting patung tersebut akan dipindahkan ke rumah ahli waris yang juga berfungsi sebagai yayasan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Terpopuler

X