Sambangi Lokasi Longsor, Ade Yasin: Penambang Harus Ikut Bertanggungjawab

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 14:33 WIB
Sambangi Lokasi Longsor, Ade Yasin: Penambang Harus Ikut Bertanggungjawab
Sambangi Lokasi Longsor, Ade Yasin: Penambang Harus Ikut Bertanggungjawab

RUMPIN, AYOBOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin sambangi lokasi longsor di Kampung Ciater, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Kedatangan Ade Yasin ke lokasi bencana, tak lain untuk melihat kondisi terkini di lokasi longsor. Sebab, berdasarkan informasi yang diterimanya longsoran tebing setinggi puluhan meter itu menyebabkan akses jalan desa bagi warga sekitar terputus.

Berdasarkan hasil kunjungannya, Ade Yasin menyimpulkan jika longsoran tebing itu terjadi akibat kontur tanah di lokasi yang labil.

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya aktivitas tambang di lokasi kejadian, diiringi hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian beberapa waktu lalu.

"Memang posisi tebingnya curam dan cukup tinggi, tanahnya juga labil. Apalagi saat kejadian hujan cukup deras, makannya terjadi longsor," katanya, Kamis 5 Agustus 2021.

Ada Yasin juga sudah meminta kepada pengelola tambang agar bertanggungjawab atas longsor yang terjadi, yang menyebabkan akses jalan warga di dua desa terputus itu.

"Untungnya penambang ini berizin. Tadi juga kami sudah meminta kepada pihak penambang agar bertanggungjawab untuk merelokasi jalan warga yang terputus akibat longsor ini. Sekaligus membantu merelokasi warga yang terdampak," ungkapnya.

Ade Yasin juga meminta kepada pihak penambang agar relokasi dilakukan dengan segera. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi longsor susulan terjadi. Mengingat kontur tanah di lokasi sangat labil dan sering kali diguyur hujan.

"Ini area rawan longsor memang. Makannya kami minta kepada pihak penambang agar cepat-cepat ditangani. Minimal pada pekan ini harus sudah ada action," tegasnya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

X