Bus Listrik Gratis Beroperasi di Bogor Mulai Hari Ini, Ini Rutenya!

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 12:16 WIB
Bus Listrik Gratis Beroperasi di Bogor Mulai Hari Ini, Ini Rutenya!
Bus Listrik Gratis Beroperasi di Bogor Mulai Hari Ini, Ini Rutenya!

BOGOR, AYOBOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) mendapatkan bantuan satu unit bus listrik dari PT Bakrie Autoparts. Rencananya bus tersebut akan mulai beroperasi di Kota Bogor mulai Rabu 4 Agustus 2021 (hari ini).

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, satu unit bus listrik BYD C6 dari PT Bakrie Autoparts tersebut akan mengaspal di Kota Bogor selama satu bulan kedepan secara gratis.

"Kami diberikan pinjaman satu unit bus listrik dari PT Bakrie Autoparts. Jadi nanti bus ini akan beroperasi membawa masyarakat selama satu bulan kedepan secara gratis," katanya, Rabu 4 Agustus 2021.

Bima Arya menuturkan, uji coba ini diperlukan sebelum nantinya bus listrik tersebut benar-benar mengaspal di Kota Bogor. 

"Saya harap satu unit yang ada bisa dimaksimalkan bukan hanya dalam konteks kebutuhan mobilitas, tetapi juga yang lainnya mengingat kondisi cuaca dan medan di Kota Bogor. Tahun depan diharapkan sudah mulai ada bus-bus listrik yang mengaspal, jadi ketika masa pengabdian sebagai Wali Kota berakhir saya bisa menyerahkannya kepada pengganti saya," kata Bima Arya. 

Kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor dan dinas terkait, Bima Arya meminta agar tahun depan sudah mulai ada bus-bus listrik yang mengaspal di Kota Bogor. Sehingga tahun 2024 sudah ada program Bogor Transportation Program (B-Top) tercapai, walaupun tidak semua. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Eko Prabowo mengatakan, uji coba bus listrik ini sekaligus sosialisasi dalam konteks transportasi umum yang ramah lingkungan. 

“Bus listrik ini rencananya akan beroperasi di koridor satu, pada rute Terminal Baranangsiang - Terminal Bubulak. Dengan tarif gratis alias bebas biaya selama masa uji coba satu bulan kedepan," ujarnya.

Sekadar diketahui, bus listrik BYD C6 dari PT Bakrie Autoparts tersebut memiliki kapasitas baterai 135 kilowatt. Dengan daya tempuh 250 kilometer. Dengan hanya membutuhkan waktu pengisian daya 2 hingga 3 jam.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Terpopuler

X