Viral Wisatawan Injak Makam Belanda di Kebun Raya, Begini Pengakuan Pelaku

- Selasa, 8 Juni 2021 | 13:32 WIB
Viral Wisatawan Injak Makam Belanda di Kebun Raya, Ini Pengakuan Pelaku (Yogi Faisal)
Viral Wisatawan Injak Makam Belanda di Kebun Raya, Ini Pengakuan Pelaku (Yogi Faisal)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR - Dua dari tiga pelaku penginjak makam Belanda di komplek Kebun Raya Bogor (KRB), akhirnya meminta maaf atas tindakan tidak senonohnya, saat berfoto dan mengambil video di komplek pemakaman Belanda di Kebun Raya Bogor, pada Minggu 6 Juni 2021 kemarin.

Adalah Heru Zembar, salah satu dari tiga pelaku penginjakan makam Belanda di komplek pemakaman Belanda KRB meminta maaf, kepada seluruh masyarakat Bogor dan Indonesia, atas tindakan tidak terpujinya di salah satu situs bersejarah di Kota Bogor itu.

Ia bercerita, semula ia bersama ketiga rekannya tengah asyik bertamasya di KRB. Layaknya wisatawan pada umumnya, ketiganya mencoba mengambil video dan berfoto di komplek pemakaman Belanda di KRB.

"Awalnya seperti wisatawan pada umumnya saja. Karena mungkin saat itu terbawa suasana, akhirnya kami berfoto sambil berdiri di atas salah satu makam Belanda. Tapi jujur kami tidak ada niatan apapun, itu semua hanya spontanitas saja," katanya kepada awak media, Selasa 8 Juni 2021.

Ketiganya mengaku tidak mengetahui kalau yang dipijaknya itu merupakan makam Belanda, yang merupakan salah satu situs bersejarah di Kota Bogor. "Kami tidak tahu kalau yang kami injak itu makam Belanda," akunya.

Atas kejadian tersebut, ia atas nama pribadi memohon maaf atas perbuatannya. "Saya atas nama pribadi memohon maaf kepada semuanya atas perbuatan kami. Mudah-mudahan ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua untuk bersama-sama menghormatinya situs bersejarah," ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Aditya Supandi. Lelaki yang berdiri di atas nisan makam Belanda itu mengakui jika perbuatannya bersama rekan-rekannya merupakan suatu kesalahan.

Dirinya mengaku, jika apa yang dilakukan ia bersama rekan-rekannya hanya sebatas untuk koleksi pribadi tanpa berniat melakukan hal buruk atau semacamnya.

"Kami melakukan foto dan video itu hanya untuk daily story saja, lebih ke spontanitas. Tidak ada niatan kami untuk menjelek-jelekan atau apapun itu yang dapat merugikan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

X