Bupati Bogor Luncurkan Enam Menu Makanan Tradisional,Jelang Perayaan Hari Jadi Bogor ke-539

- Kamis, 27 Mei 2021 | 21:09 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin saat memberikan sambutan di Danau Ecopark LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor/ayobogor/yogi faisal
Bupati Bogor Ade Yasin saat memberikan sambutan di Danau Ecopark LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor/ayobogor/yogi faisal

CIBINONG, AYOBOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar Gerakan Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal di Danau Ecopark LIPI Cibinong, Kamis 27 Mei 2021.

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengatakan Gerakan Cinta Makanan Tradisional ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke-539.

Selain memperingati HJB ke 539, gerakan ini untuk mengajak masyarakat Kabupaten Bogor. Khususnya generasi muda, untuk mendukung eksistensi makanan tradisional namun dengan inovasi dan olahan modern.

"Ini adalah salah satu cara untuk mendorong eksistensi kuliner tradisional serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing. Ini penting untuk memperkuat identitas budaya lokal," katanya, Kamis 27 Mei 2021

Bekerja sama dengan eksportir minyak kelapa sawit Apical, mereka turut menciptakan resep kuliner sehat. Termasuk juga inovatif berbasis kelapa sawit berkelanjutan dengan memanfaarkan pangan lokal, seperti ubi, bengkuang dan talas.

Senior Manager Ideas Apical, Fajar Marhendra, menyatakan pihaknya telah menyiapkan enam resep kuliner khas Kabupaten Bogor dengan menggandeng Chef Chandra Yudaswara.

“Kami telah menciptakan enam resep berbahan dasar pangan lokal Bogor yang telah kami olah. Namun dengan cita rasa khas Bogor yang tidak hilang," tuturnya.

"Resep-resep tersebut kami namakan chiffon ubi, pia kelereng, puff pastry bengkuang, puff pastry soto mie Bogor. Roti ombak ubi, dan mendut Cibinong yang juga kami tampilkan secara langsung dalam demo masak,” tutupnya menambahkan.

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Terpopuler

X