Cegah Kedatangan Wisatawan Luar, Posko Penyekatan Diperbanyak di Kabupaten Bogor

- Jumat, 14 Mei 2021 | 11:25 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau posko penyekatan Simpag Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor
Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau posko penyekatan Simpag Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor

CIAWI, AYOBOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan penambahan posko penyekatan pada momen libur lebaran tahun ini.

Meski sebelumnya Pemkab Bogor sudah mendirikan sembilan posko penyekatan arus mudik lebaran, jumlah tersebut dinilai masih belum cukup, untuk mencegah potensi kedatangan wisatawan yang hendak berlibur di Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, sebanyak lima posko penyekatan libur lebaran bakal didirikan pihaknya di sejumlah titik menuju tempat wisata yang ada di Kabupaten Bogor.

"Selain posko penyekatan mudik lebaran, kami juga akan mendirikan posko penyekatan libur lebaran untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan ke Kabupaten Bogor," katanya, Jumat 14 Mei 2021.

Rencananya lima posko penyekatan libur lebaran ini akan didirikan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Khususnya di ruas jalan menuju lokasi wisata di Kabupaten Bogor.

"Seperti pos penyekatan libur lebaran di kawasan Sirkuit Sentul dan di kawasan Belanova. Dua pos penyekatan libur lebaran ini bertujuan untuk mengurangi potensi kedatangan wisatawan yang berlibur ke Puncak Kabupaten Bogor," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan berdasarkan keputusan dan kesepakatan bersama kepala daerah Jabodetabekjur, lokasi wisata hanya diperbolehkan untuk masyarakat lokal bukan untuk pendatang.

"Misalnya, Puncak Kabupaten Bogor hanya boleh dikunjungi oleh warga Kabupaten Bogor saja. Di luar warga Kabupaten Bogor tidak boleh berkunjung," ucapnya.

Dibukanya sektor wisata pada lebaran ini, berdasarkan kesepakatan bersama kepala daerah Jabodetabekjur, di mana pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang dikecualikan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Terpopuler

X