Ini Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri di Bogor Saat Pandemi Covid-19

- Selasa, 6 April 2021 | 12:03 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM - Kementerian Agama Republik Indonesia, akhirnya merilis panduan pelaksanaan ibadah ramadan dan idulfitri di tengah pandemi covid-19.

Dalam surat edaran Nomor SE 03 Tahun 2021, setidaknya ada 11 poin yang diatur Kementerian Agama. Mulai dari ibadah sahur, salat, hingga ibadah lainnya.

Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Aji mengatakan, ibadah puasa secara umum memberikan dampak kesehatan yang sangat baik bagi tubuh. Terlebih saat ini vaksinasi covid-19 sedang digencarkan pemerintah.

"Puasa itu kan membuat kita sehat, ditambah vaksinasi covid-19 juga membuat imun kita lebih baik. Jadi saya rasa ibadah tarawih dan ibadah lainnya di bulan ramadan tidak masalah dilakukan, selama menerapkan protokol kesehatan ketat," katanya, Selasa (6/4)

Kendati demikian, ia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar tidak dulu menggelar kegiatan keagamaan yang dapat mengundang kerumunan. Baik itu kegiatan kebudayaan maupun kegiatan keagamaan.

"Tapi tetap kegiatan keagamaan yang menimbulkan kerumunan lebih baik dilakukan secara daring dulu. Jangan dulu ada kerumunan dan tetap perhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

KH Mukri Aji juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak gegabah, dengan menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan, dengan dalih acara keagamaan.

"Intinya kita jangan abai soal protokol kesehatan. Jangan semata-mata kita beribadah karena Allah tapi kita mengabaikan protokol kesehatan. Toh allah juga meminta kita menjaga nikmat sehat, jadi kita harus bertanggungjawab untuk menjaga nikmat sehat dengan patuh protokol kesehatan," tutupnya.

Berikut 11 poin panduan ibadah ramadan dan idul fitri di tengah pandemi covid-19.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Terpopuler

X