Belum Aman, Warga Kota Bogor Diimbau Salat Idulfitri di Rumah

- Kamis, 21 Mei 2020 | 13:05 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengimbau warga Kota Bogor untuk melaksanakan Salat Idulfitri di rumah demi putusnya mata rantai Covid-19.

Bima menyampaikan bahwa imbauan tersebut berpedoman kepada Fatwa Majelis Ulama Indonesia dan Gubernur Jawa Barat yang menyatakan Salat Idulfitri diperbolehkan hanya pada zona hijau Covid-19.

"Untuk Salat Id kami berpedoman pada Fatwa MUI dan Gubernur Jawa Barat sama bunyinya Salat Id diperbolehkan di daerah yang sudah aman dari potensi penularan kalau definisi aman itu adalah zona hijau di Bogor belum ada yang aman," ujar Bima, Kamis (22/5/2020).

Dia menambahkan bahwa dirinya sepakat dengar Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menyatakan bahwa zona aman tepatnya disebut untuk wilayah terpencil di pedesaan sedangkan Kota Bogor sangat terintegrasi, beririsan, dan memiliki mobilitas warga yang tinggi.

 "Jadi tidak ada kriteria aman. Ini sejalan dengan Fatwa MUI jadi harus dipahami, Bogor ini seluruh kelurahan ada ODP-nya jadi dalam hal kawasan berpotensi penularan tinggi maka boleh meninggalkan Salat Id dan Jumat," ungkap Bima.

Dia mengatakan, pihaknya akan membuat surat edaran yang ditandatangani Forkompinda yang pada intinya berisikan imbauan melarang warga melakukan aktivitas takbir keliling ataupun kegiatan di luar yang mengundang kerumunan.

"Kedua memberikan pengertian kepada warga untuk melaksanakan Salat Id di rumah," kata Bima

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Terpopuler

X