Larangan Mudik Bikin Jasa Penitipan Hewan Sepi

- Senin, 18 Mei 2020 | 15:06 WIB
Salah satu jasa penitipan hewan di Bogor. Akibat pandemi Covid-19, pendapatan jasa penitipan hewan jelang lebaran menurun.
Salah satu jasa penitipan hewan di Bogor. Akibat pandemi Covid-19, pendapatan jasa penitipan hewan jelang lebaran menurun.

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kebijakan larangan mudik oleh pemerintah membawa dampak bagi bisnis jasa penitipan hewan. Biasanya menjelang lebaran jasa ini selalu kebanjiran pelanggan namun tahun ini tak lagi dirasakan. 

Salah satu pengusaha jasa penitipan hewan di Cibinong, Kabupaten Bogor yakni Nurul mengaku adanya larangan mudik membuat jasa penitipan hewan di masa jelang lebaran normal seperti hari biasanya. 

"Kali ini gak seperti tahun sebelumnya karena kan ada imbauan dilarang mudik, biasanya H-1 mudik banyak yang booking dan bisa jadi udah full tapi kali ini normal aja gak ada yang signifikan," ujar Nurul kepada Ayobogor, Senin (18/5/2020).

Nurul mengatakan biasanya setiap mendekati lebaran dia bisa menerima 50 orderan titipan hewan setiap harinya. 

"Sekarang belum kelihatan yang booking, ada yang booking tetapi itu tidak untuk penitipan dalam jangka waktu yang lama cuma sehari dua hari ya karena orang gak mudik, biasa kan yang nitip lama karena mereka mudik," katanya.

Dia menambahkan pandemi Covid-19 juga terdampak terhadap kenaikan harga makanan hewan, terlebih kebanyakan makanan hewan yang dia jual kebanyakan diimpor.

"Selain itu karena adanya PSBB kita juga waktunya terdampak, untuk jam buka juga terbatas sampai setengah 6 saja biasanya sampai 9 malam," kata Nurul. '

Dia mengaku secara omzet pendapatannya memang dirasakan tidak berkurang, namun ia tak merasakan pendapatan di masa lebaran tahun ini. 
 

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X