Ibadah Ramadan Dilakukan di Rumah, Apakah Mengurangi Pahala?

- Kamis, 23 April 2020 | 08:53 WIB
Ilustrasi Alquran. (Tariq Abro/Pixabay )
Ilustrasi Alquran. (Tariq Abro/Pixabay )

“Jika seorang hamba sakit atau melakukan safar (perjalanan jauh), maka dicatat baginya pahala sebagaimana kebiasaan dia ketika mukim dan ketika sehat.” (HR Bukhari, no  2996)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Ramadan menjadi momentum yang paling tepat bagi kaum Muslimin untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk kategori uzur yang membatasi ruang gerak beribadah. 

"Namun tidak perlu kahwatir, selama niat dan selama ini kita selalu mengisi Ramadhan dengan baik, dan benar, ibadah yang kita lakukan di rumah tidak akan mengurangi kualitas dan pahala ibadah kita," kata Ketua umum Pengurus Besar Pemuda Al Irsyad Ustaz Fahmi Bahreisy Lc, Msi saat dihubungi, Kamis (23/4). 

Begitu banyaknya pahala puasa, tidak heran menjelang ramadan ini sudah banyak planning yang dibuat umat Muslim agar bisa memaksimalkan ibadah dan mampu mengejar target sebagai orang-orang yang bertaqwa. 

Namun saat ini, kata dia, umat dihadapkan dengan kondisi di mana wabah pandemi Covid-19 yang semakin menyebar. "Yang mana mengakibatkan pelaksanaan ibadah terbatas dan tidak seperti biasanya," katanya.

Pengajar di sejumlah majelis taklim ini mengatakan, muncul kekhawatiran ibadah di rumah selama pandemi Covid-19 berpengaruh pada keutamaan dan pahala. 

"Ketahuilah, bahwa jika seseorang tidak mampu untuk beribadah secara maksimal dan normal, padahal sebelumnya ia mampu melakukannya secara rutin, ingatlah keadaan seperti ini akan dicatat seperti ia melakukannya saat sehat, kuat dan tanpa uzur, yaitu sesuai dengan kebiasaannya ketika itu," katanya.

Untuk meyakinkan hal tersebut Ustaz Fahmi menyampaikan beberapa hadits Rasulullah SAW. Berikut beberapa hadis yang menguatkan bahwa ibadah yang dilakukan di rumah tidak akan mengurangi kualitas dan pahala ibadah kita. 

Dari Abu Musa RA Rasulullah SAW bersabda: 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X