Sandiaga Uno Imbau Warga Tak Mudik

- Jumat, 27 Maret 2020 | 09:52 WIB
Polisi mengatur arus mudik 2019 di kawasan Nagreg. (ayobandung)
Polisi mengatur arus mudik 2019 di kawasan Nagreg. (ayobandung)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau masyarakat tak pulang kampung atau mudik terlebih dahulu saat ini. Pasalnya, virus Covid-19 atau Corona diketahui tengah mewabah di banyak wilayah Indonesia.

\"Sangat berbahaya karena kalau pulang dari zona merah dari daerah Jabodetabek terutama ini kemungkinan mereka membawa virus tersebut tanpa disadari ke daerah-daerah mereka,\" ujar Sandi lewat konferensi pers daring, Kamis (26/3).

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu, masyarakat yang mudik perlu dicegah. Pasalnya, dia tak ingin penyebaran virus corona semakin meluas ke wilayah lain.

\"Jadi harus sepakat dengan pemerintah untuk Jakarta tiga pekan ke depan dan mungkin bisa diusulkan di Jabodetabek juga Pemkot maupun Pemkab melakukan batasan,\" ujar Sandi.

AYO BACA : Wacana Larangan Mudik, Kendaraan Dilarang Keluar dari Bogor

Dia juga meminta kementerian dan lembaga terkait melakukan pendataan terkait wilayah penyebaran virus Covid-19 atau Corona. Agar tidak terjadi silang pendapat antara pemerintah pusat dan daerah terkait karantina wilayah atau lockdown.

\"Kita harus utamakan keselamatan masyarakat, gunakan data-data dari Kemenkes, BNPB serta otoritas lain untuk menetapkan kategori mana yang zona merah,\" ujar Sandi.

Jika suatu wilayah sudah berada dalam merah, sudah sebaiknya menerapkan kebijakan lockdown. Agar virus corona tak lagi menyebar ke daerah lain.

\"Kalau sudah zona merah harus diupayakan langkah pembatasan yang lebih disiplin dengan menurunkan tentu aparat, seperti Satpol PP untuk mengingatkan,\" ujar mantan calon wakil presiden pada Pilpres 2019 itu.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X