Antisipasi Banjir Bekasi dan Bogor, Pos Pantau Ditambah di Cibinong

- Senin, 3 Februari 2020 | 07:10 WIB
Ilustrasi bendungan Katulampa.
Ilustrasi bendungan Katulampa.

BEKASI, AYOBOGOR.COM -- Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) menambah satu pos pemantauan ketinggian air di Cibinong sebagai salah satu upaya peringatan banjir di Bekasi dan Kabupaten Bogor

Pos tersebut juga sudah dilengkapi fasilitas CCTV. 

Ketua KP2C Puarman menjelaskan bahwa kehadiran CCTV di pos pantau baru Cibinong ini sangat bermanfaat untuk memperpanjang waktu peringatan dini dan memperluas area pantauan KP2C. 

“Selama ini pos pantau Cikeas adanya di Nagrak yang lama perjalanan air ke P2C (Pertemuan Cileungsi-Cikeas) sekitar dua sampai tiga jam. Waktu ini dirasa pendek untuk persiapan evakuasi dan antisipasi,” kata Puarman, Minggu (2/2/2020). 

Sementara penambahan pos baru Cibinong dianggap memperpanjang waktu evakuasi dan peringatan dini lantaran lama perjalanan air ke P2C berkisar antara lima sampai enam jam. 

“Kemudian untuk Perumahan Cibubur City yang selama ini belum ter-cover pantauan CCTV KP2C, maka dengan adanya pos baru ini bisa terlayani,” ujarnya. 

Selain Cibubur City, kehadiran pos pantau Cibinong juga membantu warga di sejumlah perumahan lain, seperti Jatisari, Vila Nusa Indah 3, Vila Mahkota Pesona, Puri Nusaphala, Mandosi Permai, Vila Jatirasa, Pondok Gede Permai, Vila Nusa Indah 1, dan Vila Nusa Indah 2. 

Salah satu warga Vila Nusa Indah 2, Herni mengaku sangat terbantu oleh adanya informasi dan pos pantauan ketinggian air yang dilakukan KP2C, sehingga bisa mengambil keputusan evakuasi lebih cepat. 

“Update Tinggi Muka Air (TMA) dan kehadiran pos pantau sangat ngebantu banget buat kita yang tinggal di kawasan rawan banjir supaya segera evakuasi,” katanya. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X