Akhir Oktober, Polisi Uji Coba Kanalisasi 2-1 Jalur Puncak

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 15:03 WIB
Kasatlantas Polres Bogor, AKP Muhammad Fadli Amri. (Husnul Khatimah/ayobogor)
Kasatlantas Polres Bogor, AKP Muhammad Fadli Amri. (Husnul Khatimah/ayobogor)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Polres Bogor akan melakukan uji coba kanalisasi 2-1 di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor pada akhir Oktober 2019.

"Iya, rencananya tanggal 27 Oktober akan kita laksanakan ujicoba sistem 2-1, ini kita butuh sosialisasi yang luas," ujar Kasatlantas Polres Bogor, AKP Muhammad Fadli Amri, Jumat (4/10/2019).

Fadli menjelaskan bahwa kanalisasi 2-1 merupakan kegiatan membagi suatu jalan menjadi 3 lajur yang bertujuan untuk mengatasi kemacetan pada suatu waktu tertentu.

"Kanalisasi itu intinya kegiatannya kita membagi jalan menjadi 3 lajur. Kalau di Puncak pagi kan biasa rame yang naik, nah jadi kita terapkan 2 lajur naik, 1 lajur turun. Kebalikannya siang turun 2 lajur, naik 1 lajur," katanya.

Kanalisasi 2-1 ini diujicobakan oleh Polres Bogor untuk mencari solusi terbaik mengatasi kemacetan di jalur puncak yang kerap terjadi setiap akhir pekan atau pada hari libur nasional.

"Rencananya 2-1 ini dari Gadog sampai Taman Safari Indonesia, tapi nanti kita lihat juga apakah perlu 2-1 sampai puncak pass, yang jelas ini bukan hal yang mutlak harus sampai TSI atau puncak pass, kita namanya cari solusi kita butuh ujicoba dulu," kata Fadli.

Dia mengatakan kanalisasi 2-1 ini diharapkan bisa lebih baik dibandingkan sistem one way yang selama ini selalu menjadi solusi kemacetan dikala jalur puncak mengalami kepadatan.

"Ini kita masih mencoba, mana yang baik nanti kita akan menyusunnya, tapi mudah-mudahan bisa menjadi lebih baik (dibanding one way)," kata Fadli.
 

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X