UMKM Sumbang 67% PDRB Kota Bogor

- Senin, 9 April 2018 | 20:10 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor, Annas Rasmana. (Husnul Khatimah/ayobogor)
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor, Annas Rasmana. (Husnul Khatimah/ayobogor)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM--Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor, Annas Rasmana, mengatakan pertumbuhan UMKM di kotanya meningkat dan menjadi salah satu penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bogor.

"Kalau dilihat dari pertumbuhan ekonomi (pertumbuhan UMKM) meningkat, pertumbuhan ekonomi kota Bogor 6,7 persen, PDRB dari UMKM itu besar hampir 67 persen," ujar Annas saat ditemui ayobogor di kantornya, Senin (9/4/2018).

PDRB adalah jumlah nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di suatu daerah. Dalam skala nasional hal ini disebut dengan Produk Domestik Bruto Nasional.

Kontribusi UMKM terhadap PDRB Kota Bogor dikatakan Annas bahkan berada di atas kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional.

"Itu berdasarkan sensus ekonomi berada di atas rata-rata nasional, nasional rata-rata 62 persen atau 60 persen kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional. Kalau Kota Bogor 67 persen kontribusi UMKM terhadap PDRB Kota Bogor," jelas Annas.

Menurut Annas capaian pertumbuhan UMKM di kota Bogor terbilang bagus karena kota hujan adalah kota perdagangan, kota pariwisata, dan kota jasa sehingga banyak produk UMKM yang dijual di restoran dan toko-toko.

Dinas Koperasi dan UMKM mencatat bahwa pelaku UMKM di Kota Bogor berjumlah sekitar 23.000. Kemudian terdapat pula Pedagang Kaki Lima (PKL) sebanyak 8000 dan koperasi 731.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X