Mi Golosor, Takjil Khas Ramadan di Bogor

- Senin, 19 Juni 2017 | 15:41 WIB
Mi Golosor.(umiresep.com)
Mi Golosor.(umiresep.com)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Berburu kuliner khas Ramadan di berbagai tempat seolah sudah menjadi tradisi yang identik dengan bulan puasa ini. Perburuan kuliner ini menjadai salah satu fenomena yang mewarnai ingar-bingar suasana Ramadan.

Tapi, tidak semua tempat memiliki kuliner khas Ramadan. Bogor menjadi salah satu drei sekian tempat yang beruntung itu. Kota hujan punya satu kuliner khas Ramadan paling legendaris, yakni mi golosor.

Mi golosor memiliki tekstur kenyal dan lembut sehingga terasa 'ngagolosor' saat disantap melalui kerongkongan. Mi yang terbuat dari tepung sagu ini berwarna kuning mengkilap. Warna kuning tersebut dihasilkan dari olahan kunyit.

Tak sulit menemukan sajian mi golosor. Warga bisa menjumpainya di lapak dadakan pinggiran jalan yang menjual aneka takjil. Pasalnya, mi golosor merupakan panganan legendaris yang menjamur saat Ramadan tiba.

Salah seorang penjual takjil di Jalan Bangbarung, Kota Bogor, Desi Ariyani (42) mengatakan, mi golosor merupakan salah satu takjil favorit yang selalu laku keras di kios miliknya.

"Mi golosor memang jadi favorit buat takjil di sini. Sehari saya menjual 50 porsi, dalam waktu kurang lebih dua jam sudah habis," kata dia saat dijumpai di kiosnya, beberapa waktu lalu.

Sebagai warga asli Bogor, Desi menuturkan jika tradisi menyantap mi golosor saat Ramadan memang sudah menjadi ciri khas di Bogor. Sejak kecil, kata Desi, ia telah akrab dengan sajian mi golosor sebagai menu santap berbuka puasa.

Biasanya, sambung Desi, mi golosor disantap dengan menggunakan sambal kacang yang lumer. Selain itu, gorengan sayur bakwan atau bala-bala juga jadi teman setia sajian kuliner khas ini. Ditambah lagi dengan kerupuk besar bernama kerupuk asoy. Harga mi golosor biasanya dibanderol pada kisaran Rp5.000/bungkus.(Hengky Sulaksono)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Terpopuler

X