Gempa Sukabumi, Belum Ada Laporan Korban dan Kerusakan

- Senin, 12 Juni 2017 | 15:51 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

SUKABUMI, AYOBOGOR.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi belum menerima laporan korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan gempa di Sukabumi, Senin (12/6/2017) pagi.

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Sukabumi, Iwan Rachmawandi, mengatakan BPBD telah melakukan pemantauan terhadap dampak gempa di lapangan sejak selepas goncangan terjadi.

"Dari pagi pemantauan terutama wilayah selatan yang terdekat dengan pusat gempa, sejauh ini dan sampai saat ini belum ada laporan kerusakan," kata Iwan saat dikonformasi, Senin (12/6/2017) sore.

Ia menuturkan, hingga saat ini BPBD masih terus menghimpun informasi dan mengumpulkan data dampak goncangan gempa di lapangan. "Sejauh belum ada laporan kejadian luar biasa. BPBD belum akan bertindak apa-apa, hanya bersiap saja," katanya.

Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala ritcher mengguncang Sukabumi pada Senin, 12 Juni 2017 sekira pukul 06.15 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terdeteksi pada lokasi 8,38  Lintang Selatan (LS) dan 106,18 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di lautan pada kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada pada sekitar 179 kilometer arah Barat Daya dari Kota Sukabumi. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Berdasarkan laporan, getaran yang ditimbulkan gempa bumi ini turut dirasakan oleh masyarakat di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, dan Kabupaten Bandung. (Hengky Sulaksono)

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X