Tanggul Pabrik Jebol di Bogor Banjiri Belasan Rumah

- Sabtu, 10 Juni 2017 | 14:19 WIB
Kerusakkan akibat tanggul bocor. (istimewa).
Kerusakkan akibat tanggul bocor. (istimewa).

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Belasan rumah warga di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, terkena banjir akibat jebolnya tanggul saluran air PT Jaya Dinamika Geohidro Energi (JDG) Sabtu (10/6/2017) pukul 05.30 WIB pagi.

"Ada banjir sebelas rumah yang terkena, yang rusak berat tiga rumah," kata Kepala Seksi Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bogor, Asep Rusman, Sabtu (10/6/2017) siang.

Ke-11 rumah penduduk tersebut rusak berat lantaran sebagian tertimbun lumpur. Tanggul berukuran 8x24 meter, dengan tinggi 10 meter tersebut jebol lantaran tak kuasa menahan air.

Selain belasan rumah warga yang terendam, air tanggul juga sempat mencemari lahan pesawahan warga sekitar. Bocornya tanggul juga mencemari aliran Sungai Cianten dan kolam petani yang tercampur lumpur.

"Sekarang sudah surut," katanya. Ia mengatakan, BPBD juga telah menerjunkan personel ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan dan evakuasi terhadap warga terdampak.

"Warga saat ini sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," kata dia. (Hengky Sulaksono)


 

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X