Kartu Keluarga Sejahtera Diluncurkan di Kabupaten Bogor

- Rabu, 7 Juni 2017 | 16:02 WIB
Ilustrasi -- Kartu Keluarga Sejahtera. (ANTARA FOTO/M Ali Wafa)
Ilustrasi -- Kartu Keluarga Sejahtera. (ANTARA FOTO/M Ali Wafa)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Kartu Keluarga Sejahtera alias KKS untuk peserta program keluarga harapan atau PKH Kabupaten Bogor resmi diluncurkan di Gedung Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada Rabu, 7 Juni 2017.

Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, peluncuran KKS ini merupakan sebentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menekan angka kemiskinan. KKS ini merupakan bantuan non-tunai yang dapat diakses peserta program keluarga harapan di Kabupaten Bogor.

“Ini merupakan bantuan pangan non-tunai yang dapat diakses peserta program keluarga harapan melalui akun elektronik dan media kartu yang disebut dengan kartu keluarga sejahtera,” kata Nurhayanti, Rabu (7/6/2017).

Ia menuturkan, KKS ini merupakan salah satu instrumen dalam program keluarga harapan yang telah dilaksanakan sejak 2007 silam di Kabupaten Bogor. Hingga  tahun 2016, kata Nurhayanti, PKH telah menjangkau 40 kecamatan, 434 desa/kelurahan dengan jumlah rumah tangga miskin yang menjadi sasaran program mencapai 106.895 rumah tangga miskin atau setara 4,9% dari jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang terdata sebanyak 5,4 juta jiwa.

Pengembangan program keluarga harapan, katanya, bertujuan meningkatkan taraf hidup penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Cara yang ditempuh yakni melalui pengurangan beban pengeluaran keluarga miskin dan rentan secara terintegrasi, baik berupa uang tunai, non-tunai, maupun dalam bentuk program komplementer penanggulangan kemiskinan lainnya.

“Sehingga pada gilirannya nanti akan tercipta perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses fasilitas kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial,”ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Roy E. Khaerudyn mengatakan, PKH di Kabupaten Bogor dijadikan dasar untuk mensinergikan berbagai program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah dan peningkatan kesadaran KPM-PKH di berbagai lini.

“Termasuk bidang pendidikan, kesehatan, dan kondisi sosial ekonomi yang secara perlahan tapi pasti terus berubah ke arah yang lebih baik. Sesuai visi dan misi pemerintah daerah Kabupaten Bogor menjadi daerah termaju di Indonesia, dengan salah satu pencirinya menurunkan angka kemiskinan 8,9% sampai 7% hari ini,” kata dia.

(Hengky Sulaksono)

Halaman:

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Terpopuler

X