Hari Jadi Bogor Ke-535, Kok Sepi?

- Sabtu, 3 Juni 2017 | 15:11 WIB
Logo Kota Bogor
Logo Kota Bogor

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Boleh jadi sebagian besar masyarakat kota hujan saat ini tengah memendam rasa penasaran dalam benak seraya bertanya, "hari ini, kan Bogor ulang tahun ke-535. Tapi, kok, sepi ya?"

Pertanyaan sekaligus pernyataan tersebut tak keliru memang. Ingar-bingar perayaan hari jadi memang tak terasa. Kondisi yang berlangsung di Kota Bogor berjalan seperti biasa.

Tahun lalu, peringatan hari jadi Bogor berlangsung cukup meriah. Pemerintah Kota Bogor menggelar Pesta Rakyat Cucurak di depan Balai Kota Bogor. Saat itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya sempat mendadak jadi koki.

"Untuk tahun ini kita undur puncak perayaannya ke bulan Juli, karena kebetulan tanggal 3 Juni, yang seharusnya kita peringati puncak hari jadi, bertepatan dengan bulan puasa," kata Kepala Su Bagian Humas Publikasi dan Berita Sekretariat Daerah Kota Bogor, Abdul Manan Tampubolon saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Tapi, susana HJB ke-535 sebenarnya engak sepi-sepi amat, kok. Sebelum hati H, Pemkot Bogor sudah menggelar berbagai macam rangkaian kegiatan, termasuk di antaranya Kebun Raya Bogor 200K Run, Bogor Fair, hingga semarak peringatan hari tanpa tembakau sedunia.

Saat hari H pun, Pemkot Bogor juga menggelar 'perayaan' sederhana dengan menggelar sidang paripurna dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Sabtu (3/6/2017) sore.

Di Kabupaten Bogor, juga tidak ada perayaan besar-besaran menyambut HJB. Selain sidang paripurna, Pemkab juga menggelar upacara peringatan hari jadi.

Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni. Tanggal 3 Juni dipilih lantaran tanggal tersebut konon merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.(Hengky Sulaksono)

 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Terpopuler

X