Polisi Cek Kelaikan Bus di Bogor

- Rabu, 31 Mei 2017 | 21:33 WIB
Petugas Kepolisian Resor Bogor ketika mengecek kelaikan bus di Bogor, Rabu (31/5). (AyoBogor/Hengky Sulaksono)
Petugas Kepolisian Resor Bogor ketika mengecek kelaikan bus di Bogor, Rabu (31/5). (AyoBogor/Hengky Sulaksono)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Petugas Kepolisian Resor Bogor bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor melakukan pengecekan terhadap kendaraan-kendaraan milik sejumlah perusahaan otobus di Bogor pada Rabu, 31 Mei 2017.

Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Mochammad Dicky Pastika Gading mengatakan, pengecekan dilakukan terhadap 10 PO di Bogor dan dimaksudkan untuk mengantisipasi kesiapan PO dalam menghadapi musim mudik lebaran.

"Untuk mengantisipasi mudik lebaran ini dan kegiatan-kegiatan lain. Wisata juga. Biasanya pada saat lebaran, atau setelah lebaran, sebelum lebaran. Kita mengantisipasi dengan melakukan pengecekan kelayakan kendaraan," kata Dicky, Rabu (31/5/2017).

Dicky menuturkan, pemeriksaan sengaja dilakukan jauh-jauh hari agar PO yang memiliki sejumlah armada bus bisa dengan segera melengkapi kekurangan yang ditemukan petugas saat pengecekan.

"Pengecekan ini dimaksudakan supaya para PO bus, apabila ada kekurangan, nanti sejak awal dipersiapkan. Sehingga saat mendekati lebaran itu sudah tidak mendadak lagi," katanya.

Dia menambahkan, petugas melakukan pengecekan teknis maupun adminstratif terhadap armada yang diperiksa. Petugas sengaja mendatangi pull bus yang ada sehingga polisi tak perlu merazia kendaraan di jalan.

Selain itu, kata Dicky, pengecekan armada di pull bus bisa dilakukan secara mendetail ketimbang saat melakukan razia di pinggir jalan. Pemeriksaan teknis macam kondisi rem, kelaikan mesin, tuas gigi, dan lain-lain lebih memungkinkan dilakukan di pull bus.

"Secara teknis itu hanya bisa dilakukan di pull-pull. Karena di sana juga ada tempatnya, ada peralatannya. Sehingga memudahkan pengecekan tersebut," ujarnya.

Dicky berpesan, agar PO bus yang ditemukan belum melengkapi persyaratan kelaikan jalan untuk segera mempersiapkan aramadanya menyambut musim mudik lebaran.

Halaman:

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Terpopuler

X