Semarak Peringatan Hari Tanpa Tembakau di Bogor

- Rabu, 31 Mei 2017 | 19:23 WIB
Wali Kota Bogor, Bima Arya di belakang mobil yang ditempeli stiker #SuaraTanpaRokok dalam perayaan Hari Tanpa Tembakau di Bogor, Rabu (31/5). (AyoBogor/Hengky Sulaksono)
Wali Kota Bogor, Bima Arya di belakang mobil yang ditempeli stiker #SuaraTanpaRokok dalam perayaan Hari Tanpa Tembakau di Bogor, Rabu (31/5). (AyoBogor/Hengky Sulaksono)

BOGOR,  AYOBOGOR.COM -- Peringatan hari tanpa tembakau sedunia yang dilaksanakan pada Rabu, 31 Mei 2017, berlangsung semarak. Peringatan diwarnai dengan parade angkot dan festival mural di Balai Kota Bogor.

Dengan mengusung tema 'Tunjukkan Warna Aslimu', peringatan hari tanpa tembakau di Kota Bogor juga diramaikan oleh kehadiran organisasi kesehatan dunia Vital Strategos dan No Tobacco Community (NoTC).

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, seluruh rangkaian kemeriahan tersebut merupakan salah satu cara yang ditempuh Pemerintah Kota Bogor dalam mengampanyekan hari tanpa tembakau.

"Kita juga pawai menggunakan 16 angkot yang sudah dipasangi stiker anti rokok untuk berkeliling kota Bogor," kata Bima di Balai Kota Bogor, Kota Bogor, Rabu (30/5/2017) sore.

Ia mengatakan, Pemkot Bogor memiliki komitmen yang kuat untuk menekan jumlah angka perokok. Salah satu bukti komitmen tersebut, kata Bima, yakni penerapan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Bogor merupakan kota pertama di Indonesia yang menetapkan larangan merokok di tempat-tempat umum dan telah benar-benar sukses dalam menerapkannya," katanya.

Kepala Dimas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah M. Kesmas menuturkan, rangkaian kemeriahan peringatan hari tanpa tembakau ini dimaksudkan untuk memunculkan rasa peduli kesehatan berbagai generasi melalui daya kreatif yang mereka miliki.

"Kampanye kreatif ini merupakan bagian dari upaya untuk mengingatkan masyarakat agar mematuhi Perda KTR Kota Bogor, serta mendorong masyarakat untuk berhenti merokok dalam upaya melindungi generasi kita saat ini dan generasi di masa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Associate Director Asia Tenggara Vital Strategies, Enrici Aditjondro mengapresisasi kemeriahan peringatan hari tanpa tembakau di Bogor. Menurutnya, Bogor merupakan kota berjiwa muda, penuh semangat, serta kreatif.

Halaman:

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Terpopuler

X