Kisah di Balik Viralnya Pak Ase, Polisi Legendaris Cianjur

- Selasa, 30 Mei 2017 | 16:46 WIB
Brigadir Kepala Ase Kusmana
Brigadir Kepala Ase Kusmana

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Sosok Brigadir Kepala Ase Kusmana alias Pak Ase balakangan menjadi terkenal di linimassa. Pak Ase merupakan Anggota Unit Lalu Lintas Kepolisian Sektor Pacet, Resor Cianjur, yang telah bertugas mengawal lalu lintas di kawasan Cipanas selama kurang lebih 29 tahun.

Kisah Pak Ase belakangan menjadi viral selepas salah seorang prngguna Facebook, Andi Lukman (30), mengunggah status tentang sosok Pak Ase Senin (29/5/2017) kemarin. Dalam status yang dilengkapi tiga foto tersebut, Andi membocorkan secuil kisah nostalgianya tentang sosok Pak Ase.

Status Andi tersebut kini menjadi viral. Tercatat hingga Selasa (30/5/2017) pukul 15.35 WIB status ini telah mendapat setidknya 2.900 tanggapan dari warganet. Status tersebut juga telah disebarkan 869 akun lain.

Lantas, bagaimana kisah di balik viralnya status tentang serta sosok Pak Ase? Andi bercerita, unggahan tersebut dilandasi lantaran situasi yang serba kebetulan belaka.

Saat itu, Andi tengah pulang kampung ke rumah orang tuanya di Cipanas. Sehari-hari, Andi kerap menghabiskan waktunya di Jakarta atau Bogor lantaran keperluan pekerjaan. Ia berkisah, tak ada motif terselubung di balik serangkaian proses hingga kisah Pak Ase menjadi viral.

"Kenapa saya membuat status Facebook, sebetulnya niat saya hanya ingin mengenang masa indah saya di Cipanas. Karena kebetulan saya sedang ada di Cipanas dan karena Pak Ase ini seperti bagian dari Cipanas," kata Andi, via pesan singkat, Selasa (30/5/2017) sore.

Ia menuturkan, saat itu ia tengah menikmati waktu senggangnya di Cipanas. Tak dinyana, sosok Pak Ase tiba-tiba muncul di depan mata Andi. Sontak ia langsung mengambil foto sosok legendaris tersebut tanpa sepengetahuan Pak Ase.

"Tiba-tiba saja saya ingin memotret beliau yang lokasinya berseberangan dengan saya. Dan mungkin pikiran saya sama dengan warganet lain. Ketika saya unggah ternyata yang lain ikut menyebarkan," kata dia.

Ia juga mengaku tak menyangka jika unggahan tersebut bakal mendapat respons teramat masif. Dengan bermodal iseng dan keberuntungan, kini sosok Pak Ase merjadi primadona warganet.

Andi juga mengisahkan sosok Pak Ase yang ia kenal sejak kecil. Di mata Andi, Pak Ase adalah sosok yang penuh integritas dan bersahaja saat menjalankan tugas.

"Pak Ase adalah polisi yang bersahabat dan bersahaja. Karena selain saya tidak pernah ditilang, ternyata banyak sekali orang yang tahu bahwa beliau adalah good corp yang ada di Cipanas," ujar Andi.

Sosok Pak Ase, menurut Andi, tak sulit ditemukan. "Banyak yang bilang Pak Ase ini adalah sosok yang sering terihat kalau di Cipanas. Tidak sulit menemukan beliau, karena beliau selalu ada di Pos Polisi 55 Cipanas, Cianjur," kata dia.(Hengky Sulaksono)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Terpopuler

X