Yuk, Viralkan Hari Tanpa Tembakau Sedunia

- Senin, 29 Mei 2017 | 19:15 WIB
Ilustrasi -- World no tobacco day. (WHO)
Ilustrasi -- World no tobacco day. (WHO)

BOGOR, AYOBOGOR.COM Kalian tahu enggak, kapan hari tanpa tembakau sedunia diperingati? Belum tau? Oke, deh. Baiklah. Hari tanpa tembakau sedunia diperingati pada hari Rabu, 31 Mei 2017 nanti. Alias, lusa.

Bagaimana cara memperingatinya? Tidak ada perayaan besar-besaran saat memperingati hari anti tembakau. Tidak seperti hari buruh yang lazim ‘dirayakan’ dengan parade jalan kaki atau aksi protes, hari tanpa tembakau diperingati dengan tensi serba minimum, lebih asketik.

Di belahan dunia manapun, peringatan hari tanpa tembakau dirayakan para perokok. Caranya, tidak mengonsumsi rokok alias puasa ngerokok selama 1x24 jam. Semangat yang dibawanya yakni untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan rokok terhadap orang lain maupun ekologi.

Di Kota Bogor, peringatan hari tanpa tembakau juga dilakukan. Belakangan ini Pemerintah Kota Bogor memang tengah gencar-gencarnya mempropagandakan sentimen anti rokok. Dalam momen cukup sakral yang tiba sekali dalam setahun itu, Pemkot Bogor turut mensosialisasikan peringatan hari tanpa tembakau.

Tahun ini, Pemkot Bogor memilih 16 angkutan kota alias angkot sebagai medium sosialisasi. Pemkot Bogor memasang stiker kampanye anti rokok di bagian belakang angkot-angkot tersebut.

Lewat akun Instagram @pemkotbogor, momen-momen seru kampanye itu terekam. Beberapa foto angkot berstiker anti rokok diunggah di laman Instagram @pemkotbogor. Stiker-stiker tersebut memuat gambar karakter kartun unik yang menyampaikan pesan-pesan kesehatan.

Salah satu pesan kesehatan yang muncul dalam akun @pemkotbogor berbunyi ‘Sayangi Paru-Parumu, Berhenti Melubanginya Dengan Rokokmu  #SUARATANPAROKOK’. Dalam foto lain, pesan persuasif juga disampaikan dalam kalimat ‘Jangan Mau Dijemput Duluan!’ yang terletak di bagian samping gambar tengkorak memegang rokok bertuliskan ‘Rokok Pembunuh’.

“Dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia, kami bekerjasama dengan @pemkotbogor melakukan kampanye di angkot. Ada 16 angkot Kota Bogor yang sudah dipasang pesan-pesan kesehatan.” tulis akun @pemkotbogor.

Buat kalian yang ingin berkontribusi, dengan cara membantu mensosialisasikan peringatan hari tanpa tembakau, kalian bisa memfoto dan mengunggah gambar angkot hasil jepretan kalian di akun media sosial.

Halaman:

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Terpopuler

X