Jaring Carek, Alumni IPB Gandeng Wali Kota dan Bupati Bogor jadi Tim Panelis

- Sabtu, 20 Mei 2017 | 18:36 WIB
Konvensi Bakal calon Rektor IPB periode 2017-2022. Hengky Sulaksono/AyoBogor
Konvensi Bakal calon Rektor IPB periode 2017-2022. Hengky Sulaksono/AyoBogor

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor alias IPB telah menetapkan lima nama peserta yang bakal bertarung dalam ajang konvensi Bakal calon Rektor IPB periode 2017-2022.

Kelima peserta konvensi bakal diuji oleh sebelas panelis, di Hotel Grand Savero, Kota Bogor, Sabtu (20/5/2017). Dua dari 11 anggota Tim Panelis yang melakukan penggojlokan ialah Bupati Bogor, Nurhayanti, serta Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Sedangkan sembilan panelis lainnya yakni Bapak Teknologi Pangan Indonesia F.G. Winamo, Pendiri Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Nugroho Widyotomo, Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Rifky Effendy, perwakilan Kementerian LHK, Kepala Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian Mat Syukur, Direktur Pengembangan Organisasi PPM Triono Saputro, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Erizal Jamal, dan CEO salah satu media lokal di Bogor, Hazairin Sitepu.

Berdasarkan seleksi Panitia Konvensi, kelima nama itu adalah, Bayu Krisnamurti, Buchori, Hermanto Siregar, Rinekso Soekmadi, dan Wiku Bakti Bawono Adi Sasmito.

Ketua Panitia Konvensi BCR IPB Iriana Muadz mengatakan, pihaknya melibatkan lembaga penilai berintergritas dan bertaraf akreditasi internasional Daya Dimensi Indonesia (DDI) guna menyeleksi para peserta.

"Berdasarkan hasil yang disampaikan oleh DDI, panitia seleksi merasa puas. Hasil tersebut akan disampaikan secara langsung kepada peserta yang mengikuti konvensi," kata Iriana, Jumat (20/5/2017).

Iriana mengatakan, Tim Panelis menguji berbagai aspek meliputi visi kepemimpinan, perubahan kepemimpinan, kemampuan bisnis, kemampuan manajerial, inovasi dan kreativitas, kemajemukan, kemampuan eksekusi, pemberdayaan, dan integritas.

Tim Panelis bakal mengajukan pertanyaan yang meliputi lima tema. Lima tema tersebut yakni, pertama wawasan kebangsaan dan peran serta IPB dalam memastikan ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia. Kedua, tata kelola dan pengembangan IPB sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, riset, pengabdian pada masyarakat),

Selanjutnya yang ketiga, peran IPB dalam pengembangan rantai nilai sektor pertanian, kehutanan, kelautan, peternakan, perikanan, ekologi manusia dan lingkungan hidup ekosistem ekonomi yang berkaitan dengan bidang tersebut dan peran IPB dalam penentuan kebijakan sarategis pertanian Indonesia.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X