Kebun Raya Bogor Resmi Berusia 2 Abad

- Kamis, 18 Mei 2017 | 14:13 WIB
Kebun Raya Bogor.(Hengky)
Kebun Raya Bogor.(Hengky)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Kebun Raya Bogor resmi berusia dua abad, Kamis (18/5/2017). Keberadaan kebun raya terbesar di Indonesia menjadi penting sebagai benteng terakhir konservasi flora di tanah air.

Dengan luas areal sekira 187 hektar, di usia yang menginjak 200 tahun ini KRB memiliki 12.531 spesimen, yang dikelompokkan ke dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnaen mengatakan KRB memiliki lima fungsi utama yang memberi manfaat luas bagi masyarakat. Kelima manfaat tersebut yakni fungsi konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan lingkungan, dan jasa lingkungan.

Bila menilik sejarah panjang kobtribusinya bagi Indonesia, Iskandar menutrkan bahwa kiprah nyata KRB dalam beragam bidang penelitian untuk penyelamatan flora dan fauna di Indonesia. Ini tampak dari banyaknya penemuan jenis baru tumbuhan, pengembangan kultur jaringan koleksi anggrek dan kantong semar, mekarnya Raflesia patma, dan capaian penting lainnya.

"Intinya Kebun Raya Bogor menjadi salah satu benteng terakhir dalam penyelamatan koleksi flora di negeri ini. Keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan," katanya, Kamis (18/5/2017).

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) KRB, Didik Wisyatmoko mangatakan signifikansi peran KRB dalam sisi jasa lingkungan juga dapat dilihat dar fungsi kebun raya sebagai daerah paru-paru dan lumbung air bagi kawasan sekitarnya.

"Kehadiran kebun raya tertua di Indonesia ini juga menjadi lokasi strategis dalam kegiatan pendididkan lingkungan. Puluhan ribu siswa setiap tahun dari mulai TK hingga peeguruan tinggi, datang ke kebun raya," kata Didik.

Sebagai tempat wisata, kebun raya juga menjadi destinasi yang cukup popular. Dalam rentang tiga tahun ke belakang, angka kunjungan ke KRB mencapai lebih dari satu juta orang setiap tahun.

"Peran Kebun Raya Bogor saat ini lebih meluas lagi. Kebun raya ini menjadi induk bagi pengembangan kebun raya-kebun raya di daerah. Dan perannya pun menjadi signifikan dalam memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia," kata dia.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Terpopuler

X