Tekan Potensi Kecelakaan, Bus Pariwisata Menuju Puncak Dirazia

- Minggu, 7 Mei 2017 | 15:10 WIB
Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan mengemudi seorang supir bus di Tol Jagorawi. (Dok. Polres Bogor)
Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan mengemudi seorang supir bus di Tol Jagorawi. (Dok. Polres Bogor)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Sejumlah bus pariwisata yang hendak mengarah menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor terjaring operasi gabungan yang diselenggarakan aparat Kepolisian Resor Bogor, Polisi Militer, dan Dinas Perhubungan Kota Bogor.

Razia bus pariwisata tersebut dimaksudkan guna menekan potensi angka kecelakaan lalu lintas di kawasan Puncak yang belakangan ini marak terjadi dan melibatkan bus pariwisata.

Proses razia bus dilakukan di Kilometer 45 Tol Jagorawi pada Sabtu (6/5/2017) hingga Minggu (7/5/2017). Dalam razia selama dua hari tersebut, puluhan kendaraan berhasil ditilang.

Pada Sabtu (4/5/2017) polisi mengeluarkan 13 lembar surat tilang. Sedangkan Dishub menilang setidaknya 12 kendaraan. Sementara Minggu (7/5/2017), total 22 kendaraan ditilang aparat kepolisian.

"Pelaksanaan penindakan dilaksanakan secara stasioner dan pemeriksaan kepada seluruh Bus Pariwisata yang bergerak ke arah Puncak atau Sukabumi," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi Hasby Ristama, Minggu (7/5/2017).

Dalam razia tersebut, polisi menemukan sejumlah pelanggaran lalu lintas, antara lain sopir yang tidak membawa SIM dan STNK, penggunaan buku KIR palsu, serta kondisi kendaraan yang tak laik jalan.

"Bus yang tidak laik jalan hasil pemeriksaan Dishub, diminta untuk menganti armada, dan bus diputar kembali ke arah Jakarta. Kir kendaraan yang habis masa berlakunya ditindak oleh petugas Dishub," kata dia.

(Hengky Sulaksono)

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Terpopuler

X