Trio Macan 'Goyang' para Buruh

- Senin, 1 Mei 2017 | 20:58 WIB
Pementasan dangdut yang dibawakan Trio Macan. Hengky Sulaksono/AyoBogor.
Pementasan dangdut yang dibawakan Trio Macan. Hengky Sulaksono/AyoBogor.

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Perayaan hari buruh internasional alias May Day Senin (1/5/2017) di Kabupaten Bogor terpusat di komplek Stadion Pakansari. Ribuan massa buruh tumpah ruah memadati areal halaman Stadion Pakansari yang hari itu disulap menjadi tempat hajat perayaan hari buruh.

Jika di sejumlah daerah lain May Day dimeriahkan lewat aksi turun ke jalan dan unjuk rasa, tidak demikian di Bogor. Elemen serikat buruh di Bogor lebih memilih memeriahkan hari libur awal Mei itu dengan beragam kegiatan perayaan.

Halaman Stadion Pakansari menjadi saksi bisu momen tersebut. Beragam kegiatan dihadirkan di sana. Panggung utama dengan bermacam dekorasi menjadi tempat segala rupa ajang mentas. Termasuk pementasan dangdut yang dibawakan Trio Macan.

Hiburan ini sanggup menghipnotis massa buruh yang tumplek di bawah panggung. Meski harus rela berdesak-desakan dan berpanas-panasan, lantunan dan goyangan tiga biduan dangdut ini seolah sanggup membuat buruh melupakan sejenak hiruk-pikuk suasana pabrik dan kondisi dapur rumah tangga mereka.

Satu-satunya corong suara buruh yang menonjol pada saat itu dikemukakan melalui sebuah petisi yang dibacakan salah seorang perwakilan buruh. Petisi yang disepakati 18 elemen serikat buruh ini berisi tiga tuntutan utama, yakni menolak revisi Undang-Undang 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, cabut PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, revisi komponen kebutuhan hidup layak (KHL) menjadi 84 item.

"Revisi ini kami tujukan kepada Pemerintah Republik Indonesia, dan perwakilan rakyat Indonesia, dan disampaikan melalui Bupati untuk diteruskan presiden dan ketua DPR," katanya di atas panggung.

Ia mengharapkan agar Buapti Bogor, Nurhayanti, menyampaikan petisi tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo, dan Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Secara simbolik bahwa petisi kalian sudah diterima oleh ibu Bupati dan nanti akan diteruskan ke presiden RI dan ketua DPR RI. Jadi enggak perlu lagi kita demo turun ke jalan, ke Jakarta," katanya lagi.

Selain itu, praktis tidak ada suara-suara tuntutan konkret yang menonjol. Elemen buruh akur dengan perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor. Lautan massa buruh terhanyut dalam meriahnya suasana dangdutan. Suasana Satadion Pakansari yang disorot terik kian memanas saat Trio Macan nlingsatan di atas panggung.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Terpopuler

X