Longsoran Tebing Cikidang Sukabumi Sudah Dibersihkan

- Jumat, 28 April 2017 | 20:25 WIB
Longsor cikidang
Longsor cikidang

SUKABUMI, AYOBOGOR.COM--Longsoran tanah yang tumpah di badan Jalan Cikidang, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, telah dibersihkan. Jalan tersebut kini sudah dapat kembali dilalui kendaraan.

"Sudah ditangani. Kemarin langsung selesai dan sekarang sudah bisa dilalui," kata Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana, kepada AyoBogor, Jumat (28/4/2017).

Ia mengatakan, tim BPBD, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, dan petugas Kecamatan turun langsung membersihkan longsoran tanah. Pembersihan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Satu unit eskavator ditirunkan guna membantu proses pembersihan tanah dari badan jalan. Selain alat berat, petugas juga membersihkan longsoran tanah menggunakan sekop dan cangkul.

"Skala longsornya tidak terlalu besar. Jadi tidak perlu menggunakan alat berat yang banyak," katanya.

Yana berujar, longsor terjadi di dua titik di deretan tebing yang sama, yakni di Kampung Bantarselang dan Kampung Ciareuy. Lebar jalan yang tertimbun longsor di Bantarselang mencapai empat meter, dengan panjang lima meter. Sementara ketinggian tebing mencapai 20 meter.

Di Ciareuy, panjang longsoran tanah mencapai 20 meter dengan lebar 50 sentimeter. "Ketinggian tebing lebih rendah. Kira-kira mencapai lima meter," kata dia.

Longsor di rias jalan alternatif menuju Panyai Palabuhanratu tersebut terjadi Kamis (27/4/2017) pukul 02.00 WIB dini hari. Longsor dipicu hujan deras yang mengguyur sejak pukul 21.00 WIB malam sebelumnya.(Hengky Sulaksono)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Terpopuler

X